Tips & Trik

Tenang, Ini Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

PUBLISHED DATE : 13 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/116145757_s.jpg

Apakah yang menyebabkan motor susah menyala? Bagaimana cara mengatasi motor tidak bisa hidup walaupun sudah distarter berkali-kali, bahkan dengan kick starter? Sebelum terburu-buru membawa ke bengkel, Anda perlu tahu dari mana sumber masalahnya.

Kesulitan untuk menyalakan kendaraan paling sering terjadi pada pagi hari dan bisa terjadi pada siapa saja. Apalagi jika Anda terburu-buru harus berangkat ke kantor tepat waktu. Karena kendaraan sulit untuk dinyalakan akhirnya terlambat untuk berangkat kerja.

Anda sebagai pemilik kendaraan harus tahu penyebab dan cara memperbaikinya, tak selalu harus dibawa ke bengkel. Ada beberapa cara alternatif yang cukup efektif untuk mengatasi motor yang sulit dihidupkan.

Baca Juga : 7 Cara Merawat Gear dan Rantai Motor Agar Awet

118149749_s

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

Ada penyebab ada solusi, motor yang tak mau hidup bisa disebabkan oleh beberapa masalah pada komponennya. Inilah yang harus diteliti kembali oleh pemilik motor sehingga tidak salah dalam memperbaikinya.

Ada beberapa penyebab yang perlu diperhatikan dan dicek sebagai berikut:

  1. Aki bermasalah

Baca Juga : Catat Ini Jarak Ideal Ganti Oli Motor Matic

Masalah yang paling umum terjadi pada motor adalah aki, baik itu motor injeksi, bebek ataupun skuter. Aki adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan serta menyuplai listrik yang salah satu tujuannya untuk menyalakan mesin.

Apabila tegangan dari aki tersebut kurang, maka kinerja komponen elektronik pada motor lainnya juga menurun termasuk starter mesin. Untuk tahu apakah kualitas aki menurun bisa dilihat dari lampu yang redup dan klakson yang tidak berbunyi.

Aki yang lemah tidak hanya menimbulkan masalah pada sistem starter, tetapi juga kick starter. Besaran tegangan 12 volt adalah yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin, jika berkurang maka putaran pada starter lambat.

Baca Juga : 9 Komponen Rem Tromol Sepeda Motor dan Fungsinya

Ada dua cara mengatasinya, yang pertama adalah menggunakan kick starter sampai 450 RPM. Jika kurang, motor tetap tidak akan menyala. Solusi kedua adalah dengan mengecek apakah pengisian listrik ke aki sistemnya berjalan lancar.

Ketika terjadi kerusakan pada bagian tersebut, maka aki akan drop dan suplai listrik tidak stabil. Anda perlu mengganti dengan aki baru jika sudah tidak mampu lagi menyimpan listrik dalam daya yang dibutuhkan. 

    2.Terjadi korsleting

Penyebab lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah ketika terjadi korslet pada sistem starter. Korsleting ini terjadi karena letak dari logam mesin dan terminal starter yang berdekatan.

Cara mengetahui ketika terjadi korslet pada bagian ini adalah dengan mengamati apakah terdapat bekas terbakar. Biasanya starter akan langsung mati, sehingga ketika ditekan tidak menimbulkan reaksi apapun.

Solusi yang tepat ketika terjadi korsleting adalah dengan membuka sistem starter dan membersihkan kerak akibat korslet. Kerak ini biasanya berwarna hitam seperti terbakar.

Pasang kembali komponen sekring pada posisinya namun tidak berdekatan, atau bisa diganti dengan yang baru. Anda juga bisa menambahkan penyekat untuk mencegah tidak terjadi korsleting kembali.

    3.Kerusakan pada busi

Busi adalah komponen paling penting pada motor dalam sistem pengapian. Penyebab kerusakan pada busi bisa karena usia, sehingga pembakaran tidak memiliki api yang optimal. Api yang keluar dari busi sangat kecil bisa jadi masalahnya.

Cara mengatasi motor tidak bisa hidup karena masalah busi adalah memeriksa kondisi fisiknya. Lepaskan busi dari motor dan amati permukaannya. Jika tampilannya hitam pekat atau celahnya sudah longgar, maka Anda harus menggantinya.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya