Tips & Trik

5 Penyebab AC Mobil Bocor

PUBLISHED DATE : 30 Juli 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-27-(1)-(1).jpg

AC mobil memegang peranan penting untuk menjaga kenyamanan kabin selama berkendara. Namun salah satu kendala yang sering dialami pada AC mobil adalah kebocoran. Tidak menghasilkan hawa dingin, tiba-tiba meneteskan air atau mengeluarkan busa-busa putih saat dinyalakan adalah gejala yang biasa terjadi saat AC mengalami kebocoran. Umumnya kebocoran AC disebabkan oleh beberapa hal, berikut adalah 5 penyebab AC mobil Anda bisa bocor. 

 

  • Kekurangan Isi Freon

 

Baca Juga : Yuk Perhatikan Durasi Maksimal Mengemudi Biar Terhindar Dari Kecelakaan

Kebocoran bisa terjadi jika terdapat lubang atau retakan pada selang freon. Karena hal ini akan mengakibatkan komponen AC mobil seperti kompresor harus bekerja ekstra demi memompa freon ke seluruh sistem agar bisa mendinginkan mobil. Kompresor akan terus-terusan memompa gas freon yang tak kunjung keluar karena terlanjur bocor lewat selang, hingga akhirnya lama-lama komponen ini kut rusak. 

  1. Terlalu Banyak Mengisi Freon 

Jika kekurangan isi freon bisa menyebabkan kebocoran, begitu pula sebaliknya. Terlalu banyak mengisi freon akan memicu kompresor mati total atau rusak. Sebab daya pompa kompressor tidak akan kuat untuk bekerja dengan freon yang kepenuhan. Karenanya pastikan Anda mengisi freon dengan benar lewat teknisi yang terpercaya dan berpengalaman seperti para teknisi di bengkel resmi Suzuki. 

 

  • AC Tersumbat 

Baca Juga : Sedikit Yang Tahu, Ini Jenis Polisi Tidur & Regulasinya

 

Kinerja AC terus berulang selama sistem ini dihidupkan pada posisi kendaraan menyala. Apabila filter dryer pada AC tidak berfungsi maksimal, akan terjadi penyumbatan akibat dari kotoran dan debu yang terdapat dalam freon. Sumbatan inilah bisa memicu kebocoran AC bahkan mengakibatkan kompresor Anda bisa jebol dan mati total. 

 

  • Kebocoran Pada Seal

Baca Juga : Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Jadi Kasar

 

Seal merupakan pelapis karet yang jika mengalami keretakan atau robek, bisa mengakibatkan kebocoran. Kerusakan pada seal menyebabkan kinerja kompresor memompa gas freon ke sistem AC jadi melemah. Inilah juga yang menyebabkan AC mobil jadi kurang dingin. 

 

  • Masa Pakai

 

Tidak bisa dipungkiri, semua komponen mobil memang ada masa pakainya. Jika tiba-tiba AC mobil bocor, segera periksa seluruh komponennya seperti seperti kondensor, evaporator, expansi valve, dryer, dan lain sebagainya. Sebab, jika sudah melewati batas usia pemakaian maksimum dan masih dibiarkan terpasang, dikhawatirkan akan membuat kinerja keseluruhan sistem AC tidak optimal.

Lakukan Servis Rutin Pada AC

AC mobil yang dingin belum tentu sehat, tapi AC mobil yang sehat pasti dingin. Agar terhindar dari permasalahan seperti AC bocor, jangan ragu untuk menjadwalkan pengecekan AC secara rutin ke bengkel Suzuki. Dapatkan layanan terbaik untuk mengetahui kondisi AC mobil Anda, agar selalu dalam kondisi sehat dan juga terjaga.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya