Tips & Trik

5 Masalah Speedometer Digital yang Sering Terjadi Pada Motor

PUBLISHED DATE : 24 April 2023

Speedometer Digital Bermasalah

Speedometer digital memiliki peranan penting untuk pengendara motor. Karena dengan adanya speedometer, pengendara bisa membaca informasi terkait motornya. Dari informasi jarak yang yang telah ditempuh oleh motor hingga informasi bensin.

Namun bagaimana jika speedometer mengalami kendala dan tidak mampu berfungsi dengan baik? tahukah Anda masalah apa saja yang kerap menghantui speedometer pada motor Anda?

Anda perlu mengetahuinya untuk bisa melakukan perawatan motor dengan baik dan menghindari hal-hal yang menyebabkannya rusak. Untuk itu, Anda bisa simak ulasan berikut.

Inilah  Masalah Speedometer Digital yang Sering Terjadi Pada Motor

Speedometer memiliki peranan krusial untuk pengendara motor. Adapun masalah-masalah yang bisa terjadi pada speedometer adalah sebagai berikut:

 

  • Speedometer Berembun

 

Masalah pertama yang sering menghantui speedometer pada motor yaitu adanya embun pada speedometer.

Adanya embun pada speedometer artinya terdapat masalah pada mika penutup speedometer. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya celah pada penutupnya atau terdapat retakan.

Sehingga ketika motor dikendarai, panas mesinnya menyebabkan air masuk ke dalam panel speedometer digital. Lambat laun, air yang tertahan di dalamnya membuat speedometer berembun.

Apabila Anda mengalami masalah satu ini pada motor Anda, ada baiknya jika Anda mengecek kondisi mika penutup motor Anda. Apabila terdapat retakan, ada baiknya jika Anda menggantinya dengan yang baru.

 

  • Speedometer Terbakar Matahari (Sunburn)

 

Kebanyakan motor dengan model speedometer digital menggunakan Liquid Crystal Display atau LCD sebagai pelapisnya. Hal ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga : Ini Bagian Motor yang Mudah Berkarat

Salah satu kekurangan yang dimiliki yaitu LCD akan terbakar atau mengalami sunburn, jika motor terus-menerus diletakkan atau diparkir di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Tanda speedometer Anda mengalami sunburn yaitu terjadi keburaman pada speedometer, kemudian redup, dan berakhir dengan tidak adanya informasi yang ditampilkan pada speedometer.

Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda dapat memilih tempat parkir yang teduh dan menghindari paparan sinar matahari langsung. 

Namun, jika speedometer Anda terlanjur mengalami kerusakan karena terbakar matahari, satu-satunya solusi yaitu menggantinya dengan yang baru.

 

  • Speedometer Mengalami Gangguan Pada Layar (Dead Pixel)

 

Masalah speedometer digital selanjutnya yaitu speedometer mengalami dead pixel. Masalah ini terjadi pada layar LCD motor yang mengalami kecacatan.

Di mana pada layar akan menampilkan dot berupa informasi pada speedometer dengan tidak jelas. Hal itu dikarenakan ada dot yang tidak muncul, sehingga membuat Anda kesulitan untuk membaca informasi yang ditampilkan di speedometer.

Apabila Anda mengalami masalah satu ini, Anda bisa segera menservicenya. Namun, jika layar LCD speedometer sudah mengalami dead pixel, hal ini akan terus menerus rusak dari waktu ke waktu setelah dilakukannya perbaikan.

Jalan yang bisa Anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggantinya dengan speedometer yang baru. Jika dana Anda terbatas, Anda bisa melakukan service setiap kali terjadi dead pixels.

 

  • LCD Speedometer Digital Pada Motor Pecah

 

Masalah satu ini memang terkadang tidak dapat terhindarkan. Layar LCD pada motor akan mudah pecah jika terkena benturan yang amat keras.

Semisal benturan yang terjadi ketika terjadi kecelakaan, terbentur benda padat, dan lain sebagainya. Layar LCD juga dapat pecah karena keisengan pemilik motor yang ingin mengotak-atik dan melepas layar LCD tanpa berhati-hati.

Apabila motor Anda mengalami masalah satu ini, satu-satunya cara yaitu menggantinya dengan layar LCD speedometer yang baru. 

 

  • Kaki Pada LCD Speedometer Terputus

 

Masalah terakhir yang kerap menghantui speedometer digital pada motor yaitu kaki pada LCD speedometer terputus.

Terputusnya kaki LCD memiliki dua penyebab. Penyebab pertama yaitu terjadi korosi dan penyebab kedua yaitu terputus ketika dilakukan pelepasan LCD pada motor.

Untuk melepas LCD speedometer tentu Anda harus memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukannya. Dengan begitu hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada komponen tidak terjadi.

Apabila Anda mengotak-atik dan melakukan pelepasan komponen dengan tidak berhati-hati, tentu saja hal tersebut akan berdampak pada keutuhan komponen yang Anda lepas.

Risiko terbesarnya yaitu rusaknya komponen yang Anda bongkar. Ada baiknya jika Anda menyerahkan urusan perbaikan motor jika belum memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan sendiri.

Cara Merawat Speedometer Digital Pada Motor

Kini Anda telah mengetahui apa-apa saja masalah yang bisa timbul pada speedometer motor Anda. Oleh karenanya Anda harus melakukan perawatan dengan baik.

Di mana fungsi speedometer sangatlah penting bagi pengendaranya. Jika speedometer tidak berfungsi dengan baik, tentu akan membuat Anda berkendara dengan tidak nyaman. Terlebih jika speedometer tidak mampu menampilkan informasi motor.

Untuk itu, Anda bisa simak ulasan berikut mengenai perawatan speedometer sehingga Anda bisa menjaganya dengan lebih baik lagi.

 

  • Hindari Parkir di Tempat Terbuka dan Terpapar Sinar Matahari

 

Seperti yang telah Anda ketahui jika model motor dengan speedometer yang dilapisi layar LCD sangatlah rentan terbakar sinar matahari.

Baca Juga : Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah

Oleh karenanya, Anda perlu menghindari tempat parkir yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Dengan begitu Anda dapat menghindarkan LCD terbakar oleh sinar matahari dan membuatnya bertahan lebih lama.

Namun, jika hanya ada tempat parkir terbuka yang tersedia dan Anda terpaksa memarkirkannya di sana, ada baiknya jika Anda telah melapisinya dengan lapisan film.

Hal itu akan membantu layar LCD menahan sengatan sinar matahari. Melapisi LCD speedometer dengan lapisan film adalah tips yang bisa Anda terapkan. Anda bisa menggunakan plastik film dengan warna gelap, biru, atau hijau.

 

  • Melakukan Perawatan Rutin dan Mengontrol Tegangan Aki Pada Motor

 

Aki atau baterai pada motor adalah komponen krusial yang harus selalu Anda kontrol. Karena apabila aki mengalami kerusakan hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja speedometer pada motor Anda. 

Karena jika Aki memiliki tegangan yang tidak stabil ini akan membuat tombol yang ada pada speedometer tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga ketika Anda ingin mengatur sesuatu pada speedometer, tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh karenanya, sebelum aki Anda mengalami kerusakan dan mempengaruhi komponen lain pada motor segera perbaiki atau ganti.

Perlu Anda tahu jika tegangan pada aki yaitu 12,6 Volt engine on dan 12 Volt engine off. Karena komponen satu ini yang kerap mengalami kerusakan, Anda perlu lebih memperhatikan perawatannya.

 

  • Ganti Oli Motor Tepat Waktu

 

Oli berperan sebagai pelumas di motor. Apabila Anda tidak menggantinya tepat waktu, hal ini akan membuat mesin pada motor tidak terlumasi dengan baik. 

Hal tersebut juga dapat mempengaruhi kinerja kabel pada motor. Di mana hal itu juga akan berdampak pada speedometer motor Anda. Apabila kabel motor mengalami kendala, tentu speedometer juga akan mengalami kendala dalam kinerjanya.

Pastikan Anda mengganti oli motor secara rutin, jangan biarkan oli motor sampai kering karena hal itu akan membuat komponen motor Anda yang lain akan sangat cepat rusaknya.

Itulah tadi masalah dan cara perawatan untuk speedometer digital pada motor Anda.  Jangan lupa segera periksa speedometer digital anda jika mengalami permasalahan di bengkel resmi Suzuki. Jadwalkan service anda melalui website dengan cara melakukan isi form di laman booking service

Berita Lainnya