Tips & Trik

Ini Bedanya Helm Balap dan Helm Biasa

Anda pasti sudah banyak yang tahu bahwa pebalap sepeda motor tidak bisa sembarangan memilih helm. Balapan yang memacu sepeda motor sampai kecepatan lebih dari 300 km/jam sudah pasti membutuhkan proteksi yang mumpuni sekaligus mampu mendukung aerodinamika untuk memacu kecepatan yang lebih tinggi.

Ada beberapa perbedaan antara helm balap dan helm-helm yang biasa dijual di pasaran dan berikut adalah penjelasan tentang perbedaan tersebut.

Sebenarnya Anda sudah bisa tahu perbedaannya saat dipegang aja sudah tahu bedanya. Apalagi jika dikenakan atau dipakai. Satu perbedaan dasar adalah pada helm balap, semuanya diperhitungkan. Mulai dari bagian batok helm, sampai ventilasi untuk mulut sangat diperhatikan desai, fungsi dan tingkat kenyamanannya.

Contoh, bagian ventilasi mulut helm balap didesain sedetil-detilnya agar ketika motor balap dipacu di lintasan dengan kecepatan tinggi, angin masuk tidak terlalu signifikan, namun tetap bisa membuat pebalap motor nyaman selama berada di lintasan balap. Contoh lainnya, bagian dalam helm. Busa untuk helm balap akan dibuat senyaman mungkin tapi bisa menjamin helm goyang-goyang ketika dipacu di kecepatan tinggi.

Soal visor atau kacanya pun antara helm balap dan helm biasa. Ketebalan kaca dan kualitas optical visor helm balap biasanya didesain khusus supaya pebalap bisa tetap fokus saat memacu sepeda motor balap di kecepatan sekencang apapun. Untuk tingkat safety, helm balap juga harus lebih aman karena untuk melindungi kepala pebalap sepeda motor yang memacu motornya sampai lebih dari 300 km/jam.

Pengujian untuk ini akan dilakukan benar-benar detail sehingga aspek keamanan lebih diutamakan. Perbedaan terakhir, ada pada bahan. Helm balap biasanya berbahan composite carbon kevlar, sedangkan helm biasa bahannya thermoplastic, fiber biasa.

Itulah beberapa perbedaan antara helm balap dan helm biasa. Semoga bermanfaat dan ingat untuk selalu melakukan servis berkala di bengkel resmi Suzuki agar sepeda motor Suzuki kesayangan Anda tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kapanpun. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Berita Lainnya