Tips & Trik

5 Masalah Speedometer Digital yang Sering Terjadi Pada Motor

PUBLISHED DATE : 24 April 2023

Speedometer Digital Bermasalah

 

  • Speedometer Berembun

 

Masalah pertama yang sering menghantui speedometer pada motor yaitu adanya embun pada speedometer.

Adanya embun pada speedometer artinya terdapat masalah pada mika penutup speedometer. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya celah pada penutupnya atau terdapat retakan.

Sehingga ketika motor dikendarai, panas mesinnya menyebabkan air masuk ke dalam panel speedometer digital. Lambat laun, air yang tertahan di dalamnya membuat speedometer berembun.

Apabila Anda mengalami masalah satu ini pada motor Anda, ada baiknya jika Anda mengecek kondisi mika penutup motor Anda. Apabila terdapat retakan, ada baiknya jika Anda menggantinya dengan yang baru.

 

  • Speedometer Terbakar Matahari (Sunburn)

 

Kebanyakan motor dengan model speedometer digital menggunakan Liquid Crystal Display atau LCD sebagai pelapisnya. Hal ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga : Jenis & Servis Lengkap di Bengkel Mobil

Salah satu kekurangan yang dimiliki yaitu LCD akan terbakar atau mengalami sunburn, jika motor terus-menerus diletakkan atau diparkir di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Tanda speedometer Anda mengalami sunburn yaitu terjadi keburaman pada speedometer, kemudian redup, dan berakhir dengan tidak adanya informasi yang ditampilkan pada speedometer.

Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda dapat memilih tempat parkir yang teduh dan menghindari paparan sinar matahari langsung. 

Namun, jika speedometer Anda terlanjur mengalami kerusakan karena terbakar matahari, satu-satunya solusi yaitu menggantinya dengan yang baru.

 

  • Speedometer Mengalami Gangguan Pada Layar (Dead Pixel)

 

Masalah speedometer digital selanjutnya yaitu speedometer mengalami dead pixel. Masalah ini terjadi pada layar LCD motor yang mengalami kecacatan.

Di mana pada layar akan menampilkan dot berupa informasi pada speedometer dengan tidak jelas. Hal itu dikarenakan ada dot yang tidak muncul, sehingga membuat Anda kesulitan untuk membaca informasi yang ditampilkan di speedometer.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Busi Motor2

Tips Merawat Busi Motor

Merawat busi motor adalah salah satu rutinitas berkala yang wajib Anda lakukan, sebab peran busi pada motor krusial untuk menjaga performa mesin tetap stabil. Jika Anda menggunakan...

selengkapnya
Proses Pembangunan Kapal

Mengupas Proses Pembangunan Kapal

Proses pembangunan kapal terdiri dari berbagai langkah yang kompleks. Untuk dapat membangun sebuah kapal yang aman dan fungsional, berbagai tahapan tersebut perlu dilakukan dengan ...

selengkapnya