Tips & Trik

10 Trik Hemat Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil Matic

PUBLISHED DATE : 27 November 2018

Suzuki Ignis (1) (1)

Cara menghemat bahan bakar yang selanjutnya adalah pastikan bahwa mobil masuk ke posisi netral saat berhenti. Yang dimaksudkan berhenti adalah waktu sebentar seperti ketika di lampu merah selama satu menit. 

Bisa juga saat Anda menunggu sebentar di tempat parkir. Hal ini dikarenakan ketika mobil masuk ke gigi 1, maka mobil bisa berjalan sendiri. Selain tidak aman juga akan membuat mesin menciptakan gaya dorong. 

Anda juga tidak perlu menginjak rem, jadi selain BBM lebih irit juga akan menjaga kualitas rem mobil.

pompa_bensin

    6. Matikan Mesin Mobil Jika Berhenti Lama

Apabila Anda menunggu di parkiran dalam waktu lama misalnya 15 menit sampai 30 menit sebaiknya matikan mesin mobil. Berada di posisi netral jadi tidak efektif jika dilakukan terlalu lama. 

Baca Juga : Fungsi Lampu Rem Pada Kendaraan dan Komponennya

Meskipun hemat tapi dalam waktu 15 hingga 30 menit tetap banyak BBM yang terbuang tapi tidak digunakan untuk mobil melaju. Jadi akan lebih baik untuk mematikan kendaraan. Selain hemat BBM juga lebih aman untuk lingkungan. 

    7. Manfaatkan Teknik Engine Brake

Menginjak rem mendadak kemudian menginjak pedal gas kembali, jika hal ini terlalu sering dilakukan maka akan membuat BBM boros. Jadi bukan hanya akselerasi saja yang diperhatikan tetapi juga deselerasi. 

Selain menggunakan rem, Anda juga bisa memanfaatkan trik engine brake yang akan membuat putaran mesin mobil melambat tanpa rem. Cukup dengan mengurangi gas perlahan kemudian turunkan dari gigi D menjadi 2 kemudian L.

Maka kecepatan kendaran akan berkurang dengan perlahan. Cara ini juga akan membuat rem mobil lebih awet.

    8. Menggunakan AC Seperlunya

AC mobil adalah alasan terbesar mengapa mobil matic sangat boros. Tidak harus dalam suhu yang sangat dingin saat berkendara, tapi atur hingga penggunaan minimal. Khususnya jika berada di jalan menanjak, maka tenaga mesin akan berkurang banyak. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya