Tips & Trik

10 Trik Hemat Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil Matic

PUBLISHED DATE : 27 November 2018

Suzuki Ignis (1) (1)

Contohnya saja ketika ban kempes maka beban yang ditanggung mesin lebih tinggi sehingga pembakaran berlebih. Itulah yang membuat mobil jadi lebih boros. 

    2. Hindari Membawa Muatan Berlebih

Banyak tidaknya muatan kendaraan juga besar pengaruhnya terhadap penggunaan bahan bakar mobil. Setiap mobil matic memiliki kapasitas muatan tersendiri yang perlu diperhatikan. 

Sama seperti ban kempes, ketika mobil kelebihan muatan maka mesin bekerja sangat keras. Otomatis bahan bakar yang harus digunakan lebih besar jumlahnya. Cara menghemat bahan bakar yang perlu dilakukan adalah seleksi kembali barang muatan. 

Hindari selalu membawa muatan yang tidak digunakan. Dengan begitu Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang untuk BBM.

    3. Konsisten Mengendalikan Pedal Gas

Apakah Anda adalah tipe yang suka ngebut di jalanan? Hal itu tidak masalah dan tidak akan menghabiskan banyak bahan bakar asalkan cara menginjak pedal gas dilakukan dengan benar. Dibutuhkan waktu yang tepat untuk ngebut apalagi saat menyalip. 

Baca Juga : 3 Teknik Mengerem Mobil Ini Penting untuk Diketahui

Menginjak pedal gas dalam-dalam dapat menghasilkan akselerasi mobil yang baik. Namun jika Anda melakukannya secara bertahap maka bensin yang dibakar juga akan lebih irit. Jangan terburu-buru menginjak pedal gas dan langsung dalam-dalam. 

Sekali menginjak terlalu dalam, bahan bakar yang disedot akan sangat banyak. Jadi ketika Anda ingin menyalip atau ngebut di jalan tol sebaiknya atur akselerasi dengan menyesuaikan pijakan pedal gas. 

    4. Memperhatikan Putaran Mesin agar Tetap Stabil

Bagaimana Anda bisa tahu bahwa pedal gas yang ditekan memiliki kecepatan stabil? Anda tinggal memperhatikan petunjuk rotasi per menit atau RPM pada bagian speedometer. Penting untuk memperhatikannya supaya Anda tahu seberapa berat mesin bekerja. 

Jika RPM semakin tinggi, maka putaran mesin lebih kencang begitu juga dengan pembakaran BBM nya. Angka yang aman adalah ketika RPM berada di putaran 2.000 hingga 2.500. Inilah keuntungannya Anda menggunakan mobil matic. 

Jika Anda ingin menaikan gigi pada mobil matic, maka akan berlangsung otomatis menyesuaikan kedalaman kaki saat menginjak pedal gas. Berbeda dengan mobil manual di mana pedal gas harus dilepaskan kemudian diinjak kembali yang membuat BBM banyak terbakar. 

    5. Masuk ke Posisi Netral saat Berhenti Sebentar

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya