Tips & Trik

10 Trik Hemat Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil Matic

PUBLISHED DATE : 27 November 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Suzuki_Ignis_(1)_(1).jpg

Mobil manual yang hemat bahan bakar sudah biasa didengar. Berbeda dengan mobil matic yang lebih terkenal dengan boros bahan bakar. Hal yang sama juga biasanya terjadi pada motor matic. 

Bagi Anda pemilik mobil matic pasti penasaran bagaimana cara menghemat bahan bakar saat berkendara. Berikut ini trik yang bisa Anda lakukan supaya mobil matic tidak boros lagi. 

    1. Mengecek Kondisi Mobil Sebelum Dikendarai

Apakah Anda memiliki kebiasaan mengecek mobil sebelum berkendara? Kebiasaan ini sangat baik dilakukan dan bukan sekedar tahu saja. Namun kondisi fisik dari mobil ini akan mempengaruhi apakah Anda akan bolak balik ke pompa bensin untuk mengisi bahan bakar. 

Baca Juga : Cara Mengetahui Kapan Mobil Harus ke Bengkel

Cobalah untuk mengecek tekanan angin pada ban dan apakah mesin menyala dengan baik. Jika Anda berkendara dengan kondisi ban kurang angin atau ada beberapa kondisi fisik yang tidak sehat bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara. 

Contohnya saja ketika ban kempes maka beban yang ditanggung mesin lebih tinggi sehingga pembakaran berlebih. Itulah yang membuat mobil jadi lebih boros. 

    2. Hindari Membawa Muatan Berlebih

Banyak tidaknya muatan kendaraan juga besar pengaruhnya terhadap penggunaan bahan bakar mobil. Setiap mobil matic memiliki kapasitas muatan tersendiri yang perlu diperhatikan. 

Baca Juga : Hindari Hal-Hal Berikut yang Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar

Sama seperti ban kempes, ketika mobil kelebihan muatan maka mesin bekerja sangat keras. Otomatis bahan bakar yang harus digunakan lebih besar jumlahnya. Cara menghemat bahan bakar yang perlu dilakukan adalah seleksi kembali barang muatan. 

Hindari selalu membawa muatan yang tidak digunakan. Dengan begitu Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang untuk BBM.

    3. Konsisten Mengendalikan Pedal Gas

Apakah Anda adalah tipe yang suka ngebut di jalanan? Hal itu tidak masalah dan tidak akan menghabiskan banyak bahan bakar asalkan cara menginjak pedal gas dilakukan dengan benar. Dibutuhkan waktu yang tepat untuk ngebut apalagi saat menyalip. 

Baca Juga : Ini Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah & Cara Mengatasinya

Menginjak pedal gas dalam-dalam dapat menghasilkan akselerasi mobil yang baik. Namun jika Anda melakukannya secara bertahap maka bensin yang dibakar juga akan lebih irit. Jangan terburu-buru menginjak pedal gas dan langsung dalam-dalam. 

Sekali menginjak terlalu dalam, bahan bakar yang disedot akan sangat banyak. Jadi ketika Anda ingin menyalip atau ngebut di jalan tol sebaiknya atur akselerasi dengan menyesuaikan pijakan pedal gas. 

    4. Memperhatikan Putaran Mesin agar Tetap Stabil

Bagaimana Anda bisa tahu bahwa pedal gas yang ditekan memiliki kecepatan stabil? Anda tinggal memperhatikan petunjuk rotasi per menit atau RPM pada bagian speedometer. Penting untuk memperhatikannya supaya Anda tahu seberapa berat mesin bekerja. 

Jika RPM semakin tinggi, maka putaran mesin lebih kencang begitu juga dengan pembakaran BBM nya. Angka yang aman adalah ketika RPM berada di putaran 2.000 hingga 2.500. Inilah keuntungannya Anda menggunakan mobil matic. 

Jika Anda ingin menaikan gigi pada mobil matic, maka akan berlangsung otomatis menyesuaikan kedalaman kaki saat menginjak pedal gas. Berbeda dengan mobil manual di mana pedal gas harus dilepaskan kemudian diinjak kembali yang membuat BBM banyak terbakar. 

    5. Masuk ke Posisi Netral saat Berhenti Sebentar

Cara menghemat bahan bakar yang selanjutnya adalah pastikan bahwa mobil masuk ke posisi netral saat berhenti. Yang dimaksudkan berhenti adalah waktu sebentar seperti ketika di lampu merah selama satu menit. 

Bisa juga saat Anda menunggu sebentar di tempat parkir. Hal ini dikarenakan ketika mobil masuk ke gigi 1, maka mobil bisa berjalan sendiri. Selain tidak aman juga akan membuat mesin menciptakan gaya dorong. 

Anda juga tidak perlu menginjak rem, jadi selain BBM lebih irit juga akan menjaga kualitas rem mobil.

pompa_bensin

    6. Matikan Mesin Mobil Jika Berhenti Lama

Apabila Anda menunggu di parkiran dalam waktu lama misalnya 15 menit sampai 30 menit sebaiknya matikan mesin mobil. Berada di posisi netral jadi tidak efektif jika dilakukan terlalu lama. 

Meskipun hemat tapi dalam waktu 15 hingga 30 menit tetap banyak BBM yang terbuang tapi tidak digunakan untuk mobil melaju. Jadi akan lebih baik untuk mematikan kendaraan. Selain hemat BBM juga lebih aman untuk lingkungan. 

    7. Manfaatkan Teknik Engine Brake

Menginjak rem mendadak kemudian menginjak pedal gas kembali, jika hal ini terlalu sering dilakukan maka akan membuat BBM boros. Jadi bukan hanya akselerasi saja yang diperhatikan tetapi juga deselerasi. 

Selain menggunakan rem, Anda juga bisa memanfaatkan trik engine brake yang akan membuat putaran mesin mobil melambat tanpa rem. Cukup dengan mengurangi gas perlahan kemudian turunkan dari gigi D menjadi 2 kemudian L.

Maka kecepatan kendaran akan berkurang dengan perlahan. Cara ini juga akan membuat rem mobil lebih awet.

    8. Menggunakan AC Seperlunya

AC mobil adalah alasan terbesar mengapa mobil matic sangat boros. Tidak harus dalam suhu yang sangat dingin saat berkendara, tapi atur hingga penggunaan minimal. Khususnya jika berada di jalan menanjak, maka tenaga mesin akan berkurang banyak. 

Saat AC menyala, maka kompresor bergerak dan menjadi beban bagi mesin mobil, ditambah lagi jika dinyalakan dalam keadaan suhu terendah. Sebaiknya nyalakan AC mobil setengah atau seperempat saja. 

Selain itu juga akan menciptakan jeda pada kompresor agar tidak bekerja terus menerus. Dengan begitu BBM tidak boros dan mesin kompresor pada AC tetap terawat. 

    9. Tak Perlu Agresif saat Berkendara

Satu lagi yang perlu Anda perhatikan adalah gaya berkendara. Apakah selama ini Anda selalu berkendara dengan cara yang agresif? Misalnya ngebut kemudian memainkan gas dan rem dengan berlebihan. Apalagi kebut-kebutan dengan mobil lainnya. 

Cara menghemat bahan bakar yang bisa Anda lakukan adalah tidak berkendara secara agresif. Tindakan tersebut justru akan membuat bahan bakar semakin boros. Lebih baik untuk menggunakan eco driving yaitu berkendara dengan tenang. 

Bukan hanya mesin saja yang harus dipersiapkan saat mengendarai mobil, tetapi juga kesehatan fisik pengemudi. Ditambah lagi apabila Anda rutin mengendarai jarak jauh setiap harinya. Tekan emosi sebaik mungkin untuk menghindari berkendara dengan agresif. 

    10. Jangan Malas Servis Kendaraan

Apakah Anda ingin mesin kendaraan lebih awet dan irit? Mobil perlu dicek secara rutin baik itu dalam servis rutin atau tune up

Hanya mengecek kondisi mobil sendiri di rumah bukan suatu hal yang cukup untuk memastikan bahwa mesin dalam kondisi selalu prima. Dalam beberapa komponen mesin mobil ada banyak bagian yang harus diganti dan diperbaiki. 

Seperti penggunaan oli supaya putaran mesin jadi lebih baik dan stabil. Ada juga pengecekan radiator supaya fungsi mesin tidak mengalami overheat. Banyak sekali bagian yang harus dicek dengan rutin dan dibersihkan. 

Malas mengecek akan membuat Anda tidak tahu apa permasalahan yang sedang dihadapi mobil. Bahkan ketika mobil tiba-tiba menjadi boros Anda tidak akan tahu penyebabnya. Setelah dicek di bengkel dan ternyata kerusakan sudah parah, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi. 

Oleh karena itu pastikan Anda sudah rutin servis di bengkel Suzuki terdekat. Selain menjaga komponen mesin awet, mobil juga lebih irit.  

 

Berita Lainnya