Tips & Trik

Yuk Ketahui Jenis Jenis Kapal Laut dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 23 Juni 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/39569618_s.jpg

Kapal riset yang paling mendunia adalah kapal HMS Beagle yang membawa Charles Darwin untuk membuktikan teori evolusi dan berlayar selama lima tahun di kepulauan galapagos. Indonesia sendiri, memiliki kapal riset yaitu Geomarin III yang dinaungi oleh Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral.

Tips Mencegah Kerusakan Kapal Saat Berlayar

Segala sesuatu yang dimanfaatkan, tentu membutuhkan perawatan agar tidak mudah rusak dan memiliki daya guna yang lebih lama, termasuk kapal. Selain itu, perawatan kapal juga bertujuan menghindari resiko kecelakaan saat berlayar akibat performa kapal yang tidak maksimal.

Beberapa cara dapat dilakukan sebagai bentuk upaya perawatan kapal laut. Berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan.

  1. Jadwal Pengoperasian Kapal Yang Teratur

    Pengoperasian kapal yang terjadwal dengan teratur akan memberikan metode perawatan yang teratur dan intens pula. Penyusun jadwal pengoperasian kapal sebaiknya dilakukan oleh orang yang telah ahli dan mampu memperkirakan kebutuhan kapal, kapan sebaiknya berlayar dan kapan servis dilakukan.

    Tertib mematuhi jadwal yang telah ditetapkan sangat baik untuk kesehatan mesin, awak kapal, maupun peralatannya.  Dengan begitu, kapal akan terawat dan memiliki masa layar lebih lama.

  2. Meningkatkan Penjagaan Awak Kapal Dan Peralatannya

    Tak hanya jadwal berlayar yang diperhatikan, namun harus diimbangi dengan penjagaan awak kapal dan peralatannya agar kondisi kapal tetap terawat saat berlayar. Terlebih untuk kapal yang difungsikan berlayar dalam waktu yang lama, penjagaan awak kapal dan peralatannya harus kian diperhatikan.

    Semakin ketat penjagaan, maka akan semakin minim terjadinya kesalahan operasi saat kapal berlayar. Termasuk akan segera teridentifikasinya kesalahan jika di tengah waktu pelayaran ditemukan awak kapal atau peralatan yang tidak beres, dan dapat segera diganti.
  3. Terdapat Klasifikasi Pekerjaan Dari Yang Paling Penting Dan Urgent

    Pengidentifikasian terhadap jenis pekerjaan yang paling berat dan urgent dapat dijadikan upaya perawatan yang baik. Bukan berarti meremehkan pekerjaan yang mudah dan ringan, namun segala sesuatu perlu adanya kerjasama agar dapat berjalan dengan maksimal.

    Begitu juga pada kondisi kapal, dengan adanya klasifikasi pekerjaan dari yang paling berat dan urgent dapat ditentukan sumber daya manusia yang kompeten untuk mengisi pekerjaan tersebut.

    Sumber daya manusia yang kompeten dapat ditugaskan sesuai porsinya untuk meminimalisir segala kejadian merugikan yang mungkin akan terjadi.

  4. Penomoran dan label setiap item suku cadang

    Dalam penjagaan maupun pemeriksaan mesin dan suku cadang lain secara berkala, perlu adanya upaya penomoran dan label item setiap suku cadang. Tak hanya itu, penomoran dan label memperkecil tingkat kesalahan atau kemungkinan data item suku cadang tertinggal.

    Segala bentuk upaya perawatan jenis-jenis kapal laut di atas pat diterapkan secara bersinergi agar kapal dapat terhindar dari resiko kerusakan yang mungkin terjadi saat berlayar. Demikian juga penggunaan jenis kapal, tetap harus disesuaikan fungsinya agar kapal pun semakin awet.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya