Tips & Trik

Yuk Ketahui Ini Fungsi Kampas Kopling Ganda Pada Motor Matic

PUBLISHED DATE : 14 Oktober 2021

11  Nex Cross (2)

Adanya kampas kopling ini akan menggerakan roda dan akhirnya motor pun berjalan. Berbeda dengan motor bebek biasa, pada motor matic jenis kampas kopling yang digunakan adalah kampas ganda. 

Meskipun jenisnya berbeda namun fungsi kampas ganda ini kurang lebih sama yaitu untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Jenis kampas ini hanya digunakan pada sepeda motor yang menggunakan sistem Continuously Variable Transmission (CVT). 

Ada dua komponen yang digunakan pada kampas ganda. Pertama adalah kopling sentrifugal yang berada di poros engkol dengan menjadi kopling primer. Kedua adalah kopling sekunder yang berada di samping transmisi. 

Fungsi untuk kopling primer adalah memutuskan putaran mesin saat RPM mesin berada di posisi rendah. Fungsi kampas kopling ganda bagian primer lainnya juga menghubungkan RPM mesin saat di angka tertinggi. 

Efeknya adalah motor akan tetap diam saat posisi masuk dan mesin telah menyala. Fungsi bagian sekunder sendiri adalah memutuskan putaran mesin saat terjadi perpindahan gigi. Tanpa kedua komponen ini, maka roda tidak berputar dan motor tidak berjalan. 

Baca Juga : Ternyata Ini Penyebab Lampu Senja Motor Mati & Solusinya

Cara Kerja Kampas Kopling Ganda

Dilihat dari fungsinya, pengaruh kopling ganda ini ada ketika motor dijalankan. Karena ketika motor berjalan maka penambahan akselerasi terjadi sehingga RPM mesin pun meningkat. 

Gaya sentrifugal pada kopling primer pun akan bekerja dan meregang menciptakan hubungan dengan clutch housing. Kopling primer pun akan menyalurkan putaran mesin pada kopling sekunder dan disalurkan ke bagian roda. 

Ada tiga cara kerja dari kampas kopling ganda yang bisa diterapkan sebagai berikut. 

  • Kinerja saat Mesin Menyala
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya