Tips & Trik

Yuk Ketahui Ini Fungsi Kampas Kopling Ganda Pada Motor Matic

PUBLISHED DATE : 14 Oktober 2021

11  Nex Cross (2)

Pertama kali Anda menyalakan motor, maka tidak langsung hidup karena kopling primer tidak terhubung dan transmisi pun masih netral. Kinerja dari kampas kopling primer memanfaatkan gaya sentrifugal. 

Bentuknya yang seperti tromol sendiri agar bergerak menjauhi poros putaran. Gaya yang dihasilkan pun lebih renggang namun tidak terlalu besar. Oleh karena itulah saat memasukkan gigi motor tidak menyentak. Alasannya clutch housing dan kopling primer tidak berputar. 

  • Kinerja saat Mesin Mati

Berbeda ketika mesin sedang mati, justru pada saat ini kampas kopling primer menempel di clutch housing. Kopling sekunder akan terhubung dengan clutch housing dan terputus ketika tuas transmisi ditekan. 

  • Kinerja saat Gas Ditarik

Pengaruh kampas ganda paling besar terdapat saat Anda menarik gas. Karena akselerasi terjadi, maka penambahan RPM pada mesin pun berlangsung. 

Gaya sentrifugal pada kopling primer pun akan meningkat sehingga jadi merenggang dan terjadi hubungan dengan clutch housing. Putaran mesin pun akan disalurkan pada kampas kopling primer ke kopling sekunder dan roda berputar. 

Baca Juga : Motor Injeksi Tidak Perlu Dirawat, Yakin?

11._Nex_Cross__1_

Gejala Kerusakan Kampas Ganda yang Perlu Diperhatikan

Selama penggunaan sepeda motor matic, perawatan pada kopling ganda ini wajib diperhatikan. Tanpanya ban motor tidak dapat bergerak meskipun tenaga sudah diciptakan dari pembakaran. 

Kerusakan yang paling umum terjadi adalah masalah keausan karena kampas kopling sendiri memiliki masa pakai. Termasuk kampas kopling yang digunakan pada motor sport atau bebek. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya