Tips & Trik

Biar Awet, Begini Cara Merawat Knalpot Motor

PUBLISHED DATE : 24 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/68682695_s.jpg

Knalpot merupakan komponen penting pada motor sehingga merawatnya menjadi hal yang wajib dilakukan.

Knalpot merupakan bagian yang rawan terkena karat dan keropos, oleh karena itu cara merawat knalpot motor yang baik dan benar sangat dibutuhkan.

Cara Merawat Knalpot Motor

Knalpot motor yang tidak dirawat dengan baik bisa menyebabkan masalah pada pembakaran.

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar

Hal ini akan membuat pembakaran menjadi tidak maksimal, sehingga penggunaan bahan bakar serta tenaga motor tidak bisa maksimal. Berikut dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat knalpot motor.

Membersihkan Knalpot Setelah Hujan

Air hujan yang mengering pada motor bisa menyebabkan kerak pada knalpot motor. Penyebabnya kandungan asam pada air hujan cukup tinggi karena polusi udara, sehingga membersihkan knalpot motor setelah hujan sangat penting.

Knalpot yang tidak rajin dibersihkan akan menimbulkan kerak, dan kerak ini semakin lama akan semakin tebal yang menyebabkan knalpot menjadi berkarat. Anda bisa mencegahnya dengan menyiram knalpot setelah terkena genangan atau air hujan dengan air bersih.

Baca Juga : Handle Rem Motor Terasa Blong? Ternyata Ini Penyebabnya

Perawatan yang lebih maksimal pada knalpot motor setelah terkena air hujan bisa dilakukan dengan menyiram knalpot dengan air bersih kemudian mengeringkannya. Setelah itu, Anda bisa menyemprotkan cairan anti karat untuk mencegah karatan pada knalpot.

Jika pada knalpot terdapat kerak yang tebal maka Anda bisa membersihkannya dengan cara menyikat knalpot tersebut. Pastikan knalpot sudah dalam keadaan dingin jika Anda ingin menyikatnya, untuk menghindari tangan Anda melepuh karena knalpot yang masih panas.

Memanaskan Mesin Secukupnya

Metode perawatan knalpot selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memanaskan mesin secukupnya. Memanaskan mesin motor bisa membuat motor tersebut terjaga dan dalam kondisi yang optimal.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Fungsi CDI Motor dan Cara Kerjanya

Cara ini cukup efektif jika digunakan pada motor 4 tak yang knalpotnya tidak akan cepat menguning atau berkarat karena terpapar panas dari mesin. Penyebabnya pemanasan motor dalam waktu yang cukup lama bisa memberikan pengaruh buruk pada motor.

Beberapa hasil uji coba menunjukan semakin lama waktu yang digunakan untuk memanaskan motor, akan menyebabkan knalpot berwarna kuning. Anda bisa mengantisipasi hal tersebut dengan cara memanaskan mesin secukupnya. Namun, ini tidak perlu terlalu lama.

Mengecek Bahan Pembuatan Knalpot

Bahan yang digunakan untuk membuat knalpot tentu saja berbeda-beda. Ada knalpot yang terbuat dari bahan chrome dan gampang tergores. Cara membersihkannya bisa dilakukan dengan lembut agar tidak menyebabkan terjadinya goresan.

Apabila pada knalpot Anda yang berbahan chrome terdapat noda membandel, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan oli bekas. Pastikan oli bekas yang Anda gunakan masih baik, agar hasilnya maksimal.

Membersihkan Lubang Buang

Cara membersihkan knalpot motor yang selanjutnya bisa dilakukan dengan membersihkan lubang buang pada silencer. Membersihkan lubang silencer bisa dilakukan dengan menggunakan oli dan mengoleskan secukupnya.

Cara ini bisa dilakukan secara berkala setiap dua bulan sekali. Pembersihan lubang buang bisa mencegah knalpot mengalami kebocoran dan menjadi keropos pada bagian silencer maupun leher knalpot yang dekat dengan bagian tersebut.

Kebocoran knalpot bisa menyebabkan knalpot bersuara buruk, motor tidak bertenaga, dan dampak lainnya adalah tidak ramah lingkungan. Tentu saja hal ini akan merugikan, sehingga perlu dicegah.

Mengoleskan Oli pada Leher Knalpot

Mengoleskan oli merupakan salah satu cara untuk merawat knalpot yang tidak kalah penting. Anda bisa melakukannya dengan mengoleskan oli bersih pada leher knalpot secara merata. Langkah ini bisa Anda lakukan jika bagian pipa knalpot telah dibersihkan.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya