Tips & Trik

Yuk Ketahui Fungsi Connecting Rod Atau Batang Seher

PUBLISHED DATE : 21 April 2021

Connecting Rod

Hal ini juga karena letaknya pun berbeda. Keduanya berperan penting dalam mendukung fungsi komponen penghubung piston dan poros engkol tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.

  • Small End

Bagian pertama yang ada di batang piston ini adalah small end. Small end letaknya ada di bagian atas yang memiliki diameter kecil. Bagian ini berperan penting dalam menghubungkan antara piston dengan batang seher. Letak tepatnya adalah berada di bagian ujung batang piston.

Dalam fungsinya tersebut, ada yang disebut dengan pen piston. Pen ini dimasukkan dalam lubang kedua komponen yang dihubungkannya, yakni lubang piston dan lubang pada small end di batang piston. 

  • Big End

Selanjutnya ada juga yang disebut dengan big end. Sesuai namanya, bagian ini ukuran diameternya lebih besar dari pada small end. Berbalikan dengan small end, komponen ini tidak memiliki hubungan langsung dengan piston, karena berada di ujung sebaliknya.

Big end akan menjadi penghubung antara batang piston dengan poros engkol. Lebih tepatnya, big end ini terhubung langsung dengan yang disebut crank pin atau pen engkol. Singkatnya crank pin akan melakukan putaran tinggi di bagian tersebut, sehingga rawan terjadi overheating.

Untuk mencegah hal ini, pada sambungan tersebut diberi bantalan luncur atau yang disebut juga dengan metal jalan. Di bagian ini, ada saluran pelumas yang bisa mendinginkan kedua bagian yang bersinggungan ini.

Baca Juga : Power Steering Berat : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berbicara mengenai crank pin, fungsi mengatur putaran mesin agar terhindar dari overheating pada batang seher ini berhubungan dengan bagian tersebut.

Bagian yang satu ini memang memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan laju kendaraan bermotor agar bisa kencang. Karena piston adalah salah satu komponen paling vital dari kendaraan bermotor, maka batangnya juga memiliki peranan sangat penting.

Mengingat akan hal tersebut, connecting rod ini harus diperhatikan dengan baik dan Anda perlu mengeceknya secara rutin di bengkel.

Jika ada masalah dengan connecting rod maupun dengan komponen lainnya, maka harus segera diatasi. Dan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, sebaiknya Anda melakukan pengecekan secara berkala di bengkel resmi Suzuki.

Dan apabila bagian-bagian komponen ini mengalami kerusakan, maka disarankan untuk melakukan penggantian di bengkel resmi Suzuki terdekat agar mendapatkan spare part yang asli dan berkualitas.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya