Tips & Trik

Yuk Ketahui Fungsi Connecting Rod Atau Batang Seher

PUBLISHED DATE : 21 April 2021

Connecting Rod

Dalam sejarahnya, sebelum mengalami perkembangan, sebenarnya komponen ini masih tidak bisa digunakan untuk mengubah arah gaya pada mesin kendaraan. 

Hal ini karena sifat kaku pada bagian tersebut, dan hanya bisa digunakan untuk melakukan sebuah dorongan dan tarikan Namun seiring berkembangnya waktu, komponen ini dikembangkan lagi dan sudah bisa digunakan untuk mengubah gaya.

Tidak hanya dorongan dan tarikan, sekarang komponen ini sudah bisa mengubah gaya pada mesin dari naik turun menjadi putaran. Gaya inilah yang membuat kendaraan bermotor bisa melaju dengan kencang.

  • Penghubung Dua Komponen Dalam Mesin

Di dalam batang seher ini terdapat sebuah pen piston yang berfungsi sebagai jembatan penghubung. Jembatan ini akan menghubungkan antara batang piston dengan piston. Jadi energinya bisa tersalurkan karena adanya pen piston sebagai penghubung.

Adapun pen piston ini letaknya berada di dalam small end. Small end sendiri adalah bagian dari batang seher. Selain small end, bagian lain yang juga terdapat pada komponen ini adalah big end. Bagian ini ada di paling bawah.

  • Mengatur Putaran dengan Kecepatan Tinggi

Baca Juga : Kelebihan Headlamp Motor Memakai LED

Fungsi connection rod yang lain adalah mengatur putaran mesin agar tidak mengalami overheating, karena jika ini terjadi maka mesin langsung mengalami kerusakan parah.
Adapun bagian yang mengatur putaran ini bernama bantalan luncur yang berada di bagian big end pada batang seher

  • Membangkitkan Momen

Fungsi lain dari bagian ini adalah sebagai pembangkit momen. Momen akan dibangkitkan oleh bagian ini ketika poros engkol mengalami putaran. Jika poros engkol sudah mendapatkan dorongan, maka bagian ini akan membantunya berputar dan mesin bisa digunakan.

fungsi_connecting_rod

Bagian Utama Batang Piston

Sebagaimana sudah dijelaskan sekilas sebelumnya, batang piston atau batang seher ini memiliki dua bagian utama. Kedua bagian ini adalah small end dan big end. Dilihat dari namanya saja sudah pasti kedua bagian ini memiliki fungsi yang jauh berbeda.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya