Tips & Trik

Tidak Sulit, Ini Cara Membersihkan Blok Mesin Motor

PUBLISHED DATE : 18 November 2021

51662826 S

Bersihkan Bagian Yang Berkarat

Membersihkan blok mesin motor dengan cairan pembersih dan air, mungkin hanya akan bisa menghilangkan kotoran berupa debu dan minyak yang melekat pada bagian blok mesin. Sedangkan kotoran membandel seperti kerak dan kerak, tidak akan bisa hilang.

Kerak dan karat pada blok mesin ini bisa terjadi karena bagian ini jarang dibersihkan, dan bisa juga akibat rembesan oli dari dalam mesin.

Cara membersihkan blok mesin motor khususnya pada bagian yang berkerak dan berkarat, bisa dilakukan dengan menggunakan amplas halus.

Amplas halus yang digunakan untuk membersihkan kerak dan karat pada blok mesin ini ada dua macam, yaitu amplas 100 dan 400.

Pada tahap pertama, bisa menggunakan amplas 100. Apabila kerak dan karat belum hilang, bisa menggunakan amplas yang lebih kasar yaitu amplas 400.

Menghilangkan karat dengan menggunakan amplas harus dilakukan dengan pelan dan hati-hati.

Usahakan hanya bagian yang berkarat saja yang digosok, dan tidak mengenai bagian permukaan blok mesin. Karena bekas goresan amplas, tentu akan membuat tampilan motor menjadi tidak menarik.

Baca Juga : Ini Bahayanya Memakai Peninggi Shock Breaker Sepeda Motor

Gunakan Metal Polish

Berhasil mengangkat semua kotoran dari blok mesin motor akan membuat tampilan motor, terutama pada bagian blok mesin motor menjadi  terlihat bersih.

Namun demikian, tampilan motor akan semakin menarik apabila blok mesin terlihat bersih dan juga mengkilap.

Untuk membuat blok mesin motor menjadi mengkilap, bisa dilakukan dengan mengoleskan metal  polish atau autosol. Bahan ini tidak perlu membuat sendiri, karena bisa dibeli di toko dengan mudah dan harganya juga cukup terjangkau.

Cara menggunakan metal polish adalah dengan mengoleskannya ke seluruh permukaan blok mesin motor secara merata.

Metal polish ini akan membuat blok mesin motor menjadi mengkilap, sehingga tampilan dari kendaraan motor secara keseluruhan juga menjadi lebih menarik. 

Dengan rajin membersihkan blok mesin motor, bukan hanya membuat tampilan motor menjadi menarik, tetapi bisa untuk mencegah kerusakan yang akan mengurangi performa. 

Apabila performa menurun, maka membawa motor ke bengkel resmi Suzuki merupakan langkah tepat yang bisa dilakukan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya