Tips & Trik

Tidak Sulit, Ini Cara Membersihkan Blok Mesin Motor

PUBLISHED DATE : 18 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/51662826_s.jpg

Performa mesin motor ditentukan oleh banyak faktor, termasuk kebersihan blok mesin motor.

Banyak yang tidak mengetahui cara membersihkan blok mesin motor sehingga sering melupakan hal tersebut, yang mengakibatkan mesin motor mengalami kerusakan.

Membersihkan blok mesin motor sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan mengetahui caranya, maka blok mesin motor bisa sering dibersihkan dan terhindar dari kerusakan yang kemungkinan terjadi.

Baca Juga : Anda Pemilik Motor Matik? Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini!

Selain itu, penampilan motor juga akan terlihat lebih bersih dan menarik.

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor

Berikut di bawah ini adalah beberapa cara membersihkan blok mesin motor yang bisa dilakukan dirumah.

Baca Juga : Cuci Motor Selagi Mesin Panas? Ini Konsekuensinya

Siapkan Peralatan Yang Diperlukan

Untuk membersihkan blok mesin motor, dibutuhkan beberapa peralatan. Oleh karena itu, apabila ingin membersihkan blok mesin motor sendiri tanpa membawanya ke salon motor, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan peralatan yang diperlukan.

Peralatan yang diperlukan untuk membersihkan blok mesin motor ini tidaklah terlalu sulit didapatkan.

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar

Bahkan peralatan yang diperlukan merupakan benda-benda yang sangat mudah dijumpai di rumah, dan merupakan benda yang tidak membutuhkan budget besar.

Peralatan yang diperlukan di antaranya adalah sikat gigi, dan Anda bisa memakai sikat gigi bekas.

Ada juga kuas cat, mangkok plastik atau wadah sejenisnya, amplas halus, serta sedikit bensin dan sabun cuci piring. Tentunya benda-benda tersebut mudah didapatkan, bukan?

158153751_s

Sebaiknya Motor Dalam Keadaan Bersih

Blok mesin motor adalah bagian yang mudah sekali menjadi kotor. Kotoran yang melekat pada bagian ini bisa karena rembesan oli yang berada di dalam mesin motor, bisa juga karena debu dan kotoran dari luar.

Karena bagian ini dekat dengan oli, maka debu dan kotoran juga mudah sekali untuk melekat.

Sebelum membersihkan bagian blok mesin motor ini, sebaiknya kendaraan berada dalam keadaan bersih.

Dengan kata lain, sebelum membersihkan blok mesin motor, lebih baik motor dicuci dahulu secara keseluruhan untuk menghilangkan semua kotoran yang melekat  pada motor dan mesinnya.

Motor yang dalam keadaan bersih, akan memudahkan saat membersihkan bagian blok mesin motor.

Karena setelah semua kotoran dan debu hilang, maka tugas selanjutnya adalah membersihkan kerak, karat dan kotoran lainnya yang tidak bisa hilang saat motor dibersihkan dengan cara dicuci.

Siapkan Larutan Pembersih

Untuk membersihkan blok mesin motor, dibutuhkan bahan pembersih. Pembersih blok mesin motor ini bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana, yaitu bensin dan cairan pembersih piring .

Seperti diketahui, larutan pembersih piring merupakan larutan yang bisa membersihkan kotoran dengan cepat, termasuk kotoran yang mengandung minyak.

Cairan pembersih piring ini juga ampuh untuk membersihkan blok mesin motor dari kotoran yang berasal dari rembesan oli.

Cara membuat campuran pembersih ini cukup mudah. Pertama, siapkan mangkok plastik atau wadah sejenisnya, lalu tuangkan bensin sekitar setengah gelas. Setelah itu, campur dengan larutan pembersih piring secukupnya, aduk rata, dan cairan pembersih siap digunakan.

Olesi Permukaan Blok Mesin Dengan Cairan Pembersih

Cara membersihkan blok mesin motor selanjutnya adalah dengan mengoleskan cairan pembersih yang sudah dibuat tadi keseluruh bagian blok mesin. Untuk mengoleskan cairan pembersih ini bisa dilakukan dengan menggunakan kuas cat.

Pastikan seluruh permukaan dan bagian blok mesin diolesi dengan cairan pembersih secara merata.

Untuk bagian yang sulit, misalnya pada bagian sela-sela permukaan yang sulit dijangkau, bisa diolesi cairan pembersih dengan menggunakan sikat gigi bekas.

Setelah semua bagian blok mesin diolesi dengan cairan pembersih, langkah selanjutnya adalah mendiamkannya beberapa saat. Hal ini bertujuan agar cairan pembersih bisa meresap masuk ke seluruh bagian blok motor, sehingga semua kotoran bisa terangkat.

Setelah semua bagian dioles dengan cairan pembersih, bersihkan blok mesin motor dengan menggunakan kuas.

Sapu dengan kuas sampai seluruh kotoran yang menempel rontok. Untuk bagian yang sulit, bisa dengan menggunakan sikat gigi.

Karena cairan pembersih yang digunakan mengandung bensin, maka jangan sampai cairan pembersih tersebut mengenai bodi motor, karena akibatnya bisa fatal. Cat bodi motor bisa mengelupas, dan tentunya akan merusak penampilan motor.

Bilas Dengan Air Bersih

Setelah semua bagian dari blok motor dibersihkan dengan menggunakan kuas dan sikat, langkah selanjutnya untuk membersihkan blok mesin motor adalah dengan membilasnya dengan menggunakan air bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran  yang belum bisa dibersihkan semuanya.      

Membilas dengan menggunakan air bersih bisa dilakukan dengan menggunakan selang dengan tekanan yang cukup besar. Dengan demikian seluruh kotoran di permukaan blok motor hingga sampai ke sela-selanya bisa terangkat dan terlepas semuanya.

Untuk bagian yang belum bersih, bisa dilakukan pengulangan dengan cara mengoleskan cairan pembersih ke bagian blok mesin.

Lakukan langkah seperti sebelumnya, yaitu menyikat dan membilas dengan air sampai semua kotoran bisa dibersihkan.

Untuk membilas dengan menggunakan air ini akan sangat efektif apabila dilakukan dengan menggunakan selang bertekanan tinggi.

Tujuannya adalah agar kotoran pada bagian yang tersembunyi seperti pada sela-sela, bisa terkikis dengan mudah oleh semprotan air berkekuatan tinggi.

Bersihkan Bagian Yang Berkarat

Membersihkan blok mesin motor dengan cairan pembersih dan air, mungkin hanya akan bisa menghilangkan kotoran berupa debu dan minyak yang melekat pada bagian blok mesin. Sedangkan kotoran membandel seperti kerak dan kerak, tidak akan bisa hilang.

Kerak dan karat pada blok mesin ini bisa terjadi karena bagian ini jarang dibersihkan, dan bisa juga akibat rembesan oli dari dalam mesin.

Cara membersihkan blok mesin motor khususnya pada bagian yang berkerak dan berkarat, bisa dilakukan dengan menggunakan amplas halus.

Amplas halus yang digunakan untuk membersihkan kerak dan karat pada blok mesin ini ada dua macam, yaitu amplas 100 dan 400.

Pada tahap pertama, bisa menggunakan amplas 100. Apabila kerak dan karat belum hilang, bisa menggunakan amplas yang lebih kasar yaitu amplas 400.

Menghilangkan karat dengan menggunakan amplas harus dilakukan dengan pelan dan hati-hati.

Usahakan hanya bagian yang berkarat saja yang digosok, dan tidak mengenai bagian permukaan blok mesin. Karena bekas goresan amplas, tentu akan membuat tampilan motor menjadi tidak menarik.

Gunakan Metal Polish

Berhasil mengangkat semua kotoran dari blok mesin motor akan membuat tampilan motor, terutama pada bagian blok mesin motor menjadi  terlihat bersih.

Namun demikian, tampilan motor akan semakin menarik apabila blok mesin terlihat bersih dan juga mengkilap.

Untuk membuat blok mesin motor menjadi mengkilap, bisa dilakukan dengan mengoleskan metal  polish atau autosol. Bahan ini tidak perlu membuat sendiri, karena bisa dibeli di toko dengan mudah dan harganya juga cukup terjangkau.

Cara menggunakan metal polish adalah dengan mengoleskannya ke seluruh permukaan blok mesin motor secara merata.

Metal polish ini akan membuat blok mesin motor menjadi mengkilap, sehingga tampilan dari kendaraan motor secara keseluruhan juga menjadi lebih menarik. 

Dengan rajin membersihkan blok mesin motor, bukan hanya membuat tampilan motor menjadi menarik, tetapi bisa untuk mencegah kerusakan yang akan mengurangi performa. 

Apabila performa menurun, maka membawa motor ke bengkel resmi Suzuki merupakan langkah tepat yang bisa dilakukan.

Berita Lainnya