Tips & Trik

Tidak Sulit, Ini Cara Membersihkan Blok Mesin Motor

PUBLISHED DATE : 18 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/51662826_s.jpg

Dengan kata lain, sebelum membersihkan blok mesin motor, lebih baik motor dicuci dahulu secara keseluruhan untuk menghilangkan semua kotoran yang melekat  pada motor dan mesinnya.

Motor yang dalam keadaan bersih, akan memudahkan saat membersihkan bagian blok mesin motor.

Karena setelah semua kotoran dan debu hilang, maka tugas selanjutnya adalah membersihkan kerak, karat dan kotoran lainnya yang tidak bisa hilang saat motor dibersihkan dengan cara dicuci.

Siapkan Larutan Pembersih

Untuk membersihkan blok mesin motor, dibutuhkan bahan pembersih. Pembersih blok mesin motor ini bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana, yaitu bensin dan cairan pembersih piring .

Seperti diketahui, larutan pembersih piring merupakan larutan yang bisa membersihkan kotoran dengan cepat, termasuk kotoran yang mengandung minyak.

Cairan pembersih piring ini juga ampuh untuk membersihkan blok mesin motor dari kotoran yang berasal dari rembesan oli.

Cara membuat campuran pembersih ini cukup mudah. Pertama, siapkan mangkok plastik atau wadah sejenisnya, lalu tuangkan bensin sekitar setengah gelas. Setelah itu, campur dengan larutan pembersih piring secukupnya, aduk rata, dan cairan pembersih siap digunakan.

Olesi Permukaan Blok Mesin Dengan Cairan Pembersih

Cara membersihkan blok mesin motor selanjutnya adalah dengan mengoleskan cairan pembersih yang sudah dibuat tadi keseluruh bagian blok mesin. Untuk mengoleskan cairan pembersih ini bisa dilakukan dengan menggunakan kuas cat.

Pastikan seluruh permukaan dan bagian blok mesin diolesi dengan cairan pembersih secara merata.

Untuk bagian yang sulit, misalnya pada bagian sela-sela permukaan yang sulit dijangkau, bisa diolesi cairan pembersih dengan menggunakan sikat gigi bekas.

Setelah semua bagian blok mesin diolesi dengan cairan pembersih, langkah selanjutnya adalah mendiamkannya beberapa saat. Hal ini bertujuan agar cairan pembersih bisa meresap masuk ke seluruh bagian blok motor, sehingga semua kotoran bisa terangkat.

Setelah semua bagian dioles dengan cairan pembersih, bersihkan blok mesin motor dengan menggunakan kuas.

Sapu dengan kuas sampai seluruh kotoran yang menempel rontok. Untuk bagian yang sulit, bisa dengan menggunakan sikat gigi.

Karena cairan pembersih yang digunakan mengandung bensin, maka jangan sampai cairan pembersih tersebut mengenai bodi motor, karena akibatnya bisa fatal. Cat bodi motor bisa mengelupas, dan tentunya akan merusak penampilan motor.

Bilas Dengan Air Bersih

Setelah semua bagian dari blok motor dibersihkan dengan menggunakan kuas dan sikat, langkah selanjutnya untuk membersihkan blok mesin motor adalah dengan membilasnya dengan menggunakan air bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran  yang belum bisa dibersihkan semuanya.      

Membilas dengan menggunakan air bersih bisa dilakukan dengan menggunakan selang dengan tekanan yang cukup besar. Dengan demikian seluruh kotoran di permukaan blok motor hingga sampai ke sela-selanya bisa terangkat dan terlepas semuanya.

Untuk bagian yang belum bersih, bisa dilakukan pengulangan dengan cara mengoleskan cairan pembersih ke bagian blok mesin.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya