Tips & Trik

Jangan Buru-Buru, Pelajari Apa Itu Press Velg Motor

PUBLISHED DATE : 23 November 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/press_velg_motor.jpg

Press velg motor saat ini sudah banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Namun demikian, hal ini harus dilakukan dengan benar agar motor tetap aman

Jangan Buru-Buru, Pelajari Apa Itu Press Velg Motor

Press velg motor saat ini sudah banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Secara umum, motor modern sudah dilengkapi velg racing atau velg palang.

Baca Juga : Mika Lampu Motor Kusam dan Menguning? Begini Triknya

Penggunaan velg motor ini memiliki beragam keuntungan. Diantaranya seperti mudah dibersihkan dan bisa langsung menggunakan ban tubeless.

Meskipun demikian, masih ada beberapa kendaraan yang tidak menggunakan jenis velg tersebut, sehingga banyak yang ingin melakukan press terhadapnya. Namun demikian, pada dasarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan hal tersebut. Berikut ulasannya.

Apa Itu Velg Motor?

Velg motor bisa juga disebut dengan pelek. Pelek merupakan komponen motor yang sangat penting dan berpengaruh terhadap estetika dari motor itu sendiri. Terutama bagi pria yang sering mengganti komponen ini demi mempercantik tampilan motornya.

Baca Juga : Panduan Mengendarai Motor Berpostur Jangkung

Dalam dunia motor atau secara luasnya adalah otomotif, pelek memiliki dua jenis, yaitu pelek jeruji dan pelek racing. Pelek jeruji terbentuk dari potongan-potongan besi yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk melingkar.

Sementara itu, pelek racing berbentuk palang yang lebih keras daripada pelek jeruji. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri, terutama dalam hal kemudahan perawatan dan nilai estetikanya.

Press Velg Motor untuk Velg Racing

Press velg motor pada jenis motor racing memang banyak dilakukan. Namun, hal ini ada plus minusnya. Untuk kelebihannya sendiri diantaranya adalah membuat proses perbaikan lebih cepat dan lebih murah. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, maka bisa saja itu menjadi berbahaya.

Cara Melakukan Press Velg Racing

Baca Juga : Syarat, Cara dan Biaya Mutasi Motor Tanpa Calo

velg_motor_di_press

Sebelum mengoperasikan dan membedah komponen motor, Anda perlu mengetahui prosedurnya terlebih dahulu. Sebab, jika melakukan kesalahan, bisa saja velg akan rusak dan Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Untuk melakukan press pelek, perhatikan hal berikut.

  • Jangan Dipanaskan Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan press velg motor, semestinya komponen ini tidak dipanaskan terlebih dahulu. Sebab, berdasarkan pengalaman, seiring penggunaan, velg akan peyang. Apalagi jika saat akan press, velg kembali dipanaskan. hal ini akan membuat kondisi velg motor bisa pecah.

  • Perhatikan Besarnya Tekanan

Untuk melakukan press, perhatikan tekanan pada velg motor. Tekanan yang terlalu besar bisa mengakibatkan pecahnya velg motor. Sebab, bahan velg dan sokbreker berbeda, sehingga untuk velg jangan diberi tekanan tinggi.

  • Lebih Perhatikan Perawatan Untuk Velg Aftermarket

Untuk jenis velg motor aftermarket perlu lebih serius lagi perawatannya. Velg yang digunakan untuk modifikasi ini ternyata lebih sensitif dari velg biasa. Yang penting aturlah tekanan yang masuk ketika akan melakukan press velg.

  • Teliti Dan Hati-Hati Ketika Melakukan Press

Cara press yang tidak benar bisa mengakibatkan velg langsung pecah. Nah, bukan bertujuan merawat jika demikian. Yang ada malah Anda harus mengeluarkan budget untuk membeli velg baru.

Bahaya Kesalahan Melakukan Press Velg Jenis Racing

Melakukan press velg tidak boleh sembarangan, karena hal ini bisa berakibat pada pecahnya velg. Apalagi jika velg sudah peyang, bisa jadi langsung rusak.

Nah, velg racing ini ternyata tidak bisa digunakan ketika sudah peyang. Sebaiknya, velg jenis ini tidak usah di press ulang.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya