Tips & Trik

Inilah Penyebab Indikator Bensin Motor Tidak Berfungsi

PUBLISHED DATE : 24 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Suzuki_nex.jpg

Mungkin seringkali Anda tiba-tiba kehabisan bensin di jalan, padahal jarum indikator bensin motor masih menunjukkan ada bensin dalam tangki. Dan setelah dilihat ternyata bensin telah habis atau tinggal sedikit. Hal ini menunjukkan adanya masalah pada komponen indikator bensin.

Masalah ini tidak hanya terjadi pada motor dengan indikator bensin analog, pada motor dengan indikator bensin digital pun sering terjadi. Bahkan, indikator barnya bisa tidak menunjukkan kenaikan padahal sudah diisi bensin lagi. Lalu, apa sebenarnya penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

indikator_bensin_motor

Penyebab Indikator Bensin Motor Tidak Berfungsi

Baca Juga : Tidak Sama, Ini Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

Komponen indikator bensin ini merupakan salah satu alat yang memiliki peran cukup penting karena menunjukkan volume bensin yang tersisa pada tangki motor. Dengan penunjuk jarum, Anda dapat mengetahui apakah bensin masih cukup atau tidak untuk melakukan perjalanan.

Masalah mulai terjadi ketika jarum penunjuk selalu pada posisi E padahal bahan bakar masih ada. Jika Anda tidak segera menyadarinya, akan menyebabkan mesin kendaraan berhenti bekerja.

Lalu apa saja penyebab indikator bensin kendaraan sampai tidak berfungsi dengan baik atau error?

  • Aki Rusak

Baca Juga : Yuk Ketahui Ini Fungsi Stang Seher Motor dan Cara Kerjanya

Penyebab indikator bensin bisa tiba-tiba tidak berfungsi salah satunya karena aki yang rusak. Hal ini dikarenakan aki yang rusak bisa berpengaruh pada kurang akuratnya indikator bensin juga pada mesin. Jika baterai rusak atau aus, maka indikator praktis tidak menyala.

Anda bisa mengecek apakah aki dalam keadaan normal atau tidak. Caranya yaitu menyalakan motor memakai starter tangan. Jika menyala lancar, berarti aki motor masih cukup aman.

Lalu cek bagian suara klakson, jika masih nyaring, maka aki masih baik. Kalau sebaliknya maka harus dilakukan pengecekan lebih lanjut.

  • Komponen Fuel Sensor Rusak

Baca Juga : Begini Cara Kerja Rem ABS pada Sepeda Motor

Penyebab indikator bensin motor tidak berfungsi yang berikutnya bisa karena komponen pada fuel sensor-nya rusak.

Kasus ini sering sekali terjadi. Lakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah benar fuel sensornya rusak atau error? Jika benar, maka harus segera dilakukan penggantian komponen yang rusak tersebut.

  • Pelampung Bensin Bermasalah

Pelampung bensin juga bisa menjadi salah satu komponen yang perlu diperhatikan ketika indikator bensin motor tidak berfungsi.

Hal ini karena di bagian inilah volume bahan bakar ditentukan, kemudian data yang didapat dikirim ke jarum indikator bensin.

Untuk melakukan pengecekan, pertama-tama coba lepaskan soket kabel lalu hubungkanlah  kabel dengan pelampung tangki bensin.

Jika indikator bensinnya masih bergerak, maka Anda bisa pastikan bahwa kondisi pelampung tangki bensin tidak bermasalah.

Jika tidak bergerak pun belum tentu pelampung ini rusak, cek lagi menggunakan AVO meter.

Lepaskan dahulu pelampung bensin dari tangki kemudian cek fisik pelampung. Lalu cek kedua kabelnya menggunakan AVO meter dengan menggerakkan pelampungnya naik dan turun.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya