Tips & Trik

Inilah Penyebab Indikator Bensin Motor Tidak Berfungsi

PUBLISHED DATE : 24 September 2021

Suzuki Nex

Lepaskan dahulu pelampung bensin dari tangki kemudian cek fisik pelampung. Lalu cek kedua kabelnya menggunakan AVO meter dengan menggerakkan pelampungnya naik dan turun.

Jika indikator bergerak, maka pelampung bensin masih aman, jika tidak perlu diperbaiki.

  • Jalur Kelistrikan Terputus

Kelistrikan pada motor memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk mengalirkan sinyal dan arus dari fuels sensor.

Jika sampai kabel ternyata putus, maka listrik sudah pasti tidak akan tersalurkan sehingga akan menyebabkan indikator bensin tidak dapat berfungsi dengan baik bahkan mati. 

Terputusnya salah satu jalur kelistrikan, dapat menyebabkan kegagalan pada beberapa komponen motor seperti indikator bensin. Tidak adanya arus listrik yang diterima oleh jarum penunjuk membuat jarum tidak bisa bergerak.

Untuk memeriksanya, Anda bisa menggunakan tespen test lamp pada jalur listrik yang ditandai.

  • Tangki Bensin Penyok

Baca Juga : Gaya Berkendara Pengaruhi Umur Busi, Benarkah?

Tangki bensin penyok mungkin bagi Anda merupakan masalah yang sepele. Ternyata tangki bensin yang penyok bisa menjadi penyebab indikator bensin menjadi tidak berfungsi secara maksimal.

Terutama jika tangki bensin mengalami penyok yang sangat parah, sampai menyentuh bagian pelampung bensin yang ada pada tangki bensin.

Kondisi tangki bensin yang penyok parah hingga mencapai bagian pelampung ini dapat membuat pelampung pada indikator bensin tidak bisa bergerak secara sempurna.

Bahkan pelampung bensin bisa saja tertekuk, dengan kondisi seperti ini pastinya pelampung bensin tidak dapat memberi informasi volume bahan bakar yang sesungguhnya.

  • Speedometer Error

Penyebab indikator bensin tidak dapat berfungsi yang selanjutnya yaitu bisa dikarenakan speedometer yang error bermasalah.

Jika seluruh pengecekan pada komponen-komponen di atas sudah dilakukan secara baik dan benar, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan pada komponen speedometer.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya