Tips & Trik

Tidak Sulit, Ini Cara Melihat Nomor Rangka Motor

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Nomer Rangka Motor

Situs website ini dikelola dan diperuntukkan bagi kendaraan di wilayah Jawa Barat. Anda yang berada di wilayah Jawa Barat tentu akan terbantu dengan situs dari Polda Jabar ini.

Untuk melakukan cek nomor rangka pun sangat mudah. Pertama buka browser pada ponsel Anda, lalu ketik alamat website tersebut. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman website.  Kemudian tulis nomor polisi kendaraan pada kolom pencarian di situs tersebut lalu klik tombol enter.

Selanjutnya tunggu beberapa saat, dan informasi mengenai kendaraan dengan nomor polisi yang Anda masukkan akan segera ditampilkan. Anda bisa melihat informasi mengenai pembayaran pajak sampai tempo pajak kendaraan tersebut, demikian juga nomor rangka detailnya..

  • jatengprov.go.id

Jika sebelumnya adalah situs cek nomor rangka motor untuk wilayah Jawa Barat, maka Anda yang berdomisili di Jawa Tengah juga bisa melakukan cek identitas motor online melalui website dppad.jatengprov.go.id.

Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa mengetik alamat website secara manual di browser atau mencari Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) di Google. Lalu, klik url dengan alamat website seperti diatas.

Setelah masuk ke halamannya, cara pemakaiannya pun sangat sederhana. Setelah Anda masuk ke halaman website tersebut, Anda bisa memilih menu ‘info cepat’.

Kemudian, pilih menu ‘info pajak kendaraan’ dan ikuti langkah selanjutnya, yaitu memasukkan nomor polisi kendaraan dan tekan enter. Selanjutnya, informasi kendaraan yang ingin Anda ketahui akan ditampilkan pada halaman tersebut.

  • jatimprov.go.id

Baca Juga : Cara Menghemat Bensin Motor Saat Keadaan Darurat

Tidak hanya penduduk provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah saja yang dapat melakukan cek nomor rangka kendaraan secara online melalui web browser.

Pemerintah Jawa Timur juga menghadirkan layanan e-samsat untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan samsat. Tidak jauh berbeda dengan situs lainnya, Anda hanya perlu masuk ke halaman website tersebut dan klik info pada ‘opsi’ menu halaman.

Setelah itu, tulis nomor polisi kendaraan Anda. Pada proses ini akan muncul Chapta. Pilihlah Chapta sesuai yang diinstruksikan. Jika sandi Captcha sudah benar, maka selanjutnya Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai informasi kendaraan ditampilkan.

  • com

Jika Anda berdomisili di wilayah Jogja, maka Anda dapat melakukan cek identitas kendaraan melalui website infojkbdiy.com.

Sebagaimana situs sebelumnya, cek nomor rangka kendaraan bermotor ini dilakukan dengan memasukkan plat nomor kendaraan dan klik submit. Setelah itu, akan muncul informasi mengenai identitas kendaraan plat nomor tersebut.

Cek nomor rangka kendaraan bermotor menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi dan website dari samsat ini. Anda bisa mencari layanan e-samsat di daerah Anda untuk menikmati layanan ini. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya