Tips & Trik

Tidak Sulit, Ini Cara Melihat Nomor Rangka Motor

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/nomer_rangka_motor.jpg

Selain melalui kedua dokumen di atas, cek rangka motor secara manual juga bisa jadi jalan keluar. Untuk mengecek rangka motor secara manual, biasanya setiap motor memiliki letak nomor rangka yang berbeda-beda. Anda bisa mengecek beberapa bagian motor untuk menemukan nomor tersebut.

Nomor kendaraan sendiri tidak hanya merupakan angka yang tidak memiliki fungsi sama sekali. Nomor rangka merupakan identitas kendaraan.

Melalui nomor rangka ini, Anda bisa mengetahui asal kendaraan, tahun rilis, nomor mesin dan lain sebagainya. Namun Anda perlu memperhatikan bagaimana kondisi nomor rangka tersebut dan memastikannya sudah benar dan sesuai dengan setiap dokumen yang dimiliki.

Jika Anda melihat ada tempelan atau nomor rangka yang tidak rapi, sebaiknya lakukan cek nomor rangka dengan cara lainnya atau mendatangi samsat terdekat untuk memastikannya.

Mengecek Nomor Rangka Melalui Aplikasi Smartphone

Jika merasa pengecekan nomor rangka kendaraan secara manual cukup merepotkan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi smartphone.

Aplikasi khusus untuk mengecek rangka motor ini akan sangat membantu. Disini, Anda hanya membutuhkan akses internet untuk mengetahui identitas motor tersebut, termasuk nomor rangkanya.

Salah satu aplikasi cek nomor rangka motor yaitu ‘Cek Ranmor & Pajak DKI’ yang dibuat oleh samsat DKI Jakarta. Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di Play Store atau Google Play lalu install pada ponsel.

Setelah itu, masuk ke aplikasi dan masukkan plat nomor kendaraan yang ingin Anda cari tahu informasinya.

Hanya dengan memasukkan plat nomor saja Anda bisa mendapatkan informasi detail tentang kendaraan tersebut. Hal ini termasuk info tahun produksi kendaraan, jumlah pajak, nama pemilik, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan aplikasi ini jika ingin membeli kendaraan second.

Cek Rangka Motor Online Melalui Browser

Selain menyediakan aplikasi untuk mengecek identitas kendaraan, ternyata mengetahui nomor rangka motor juga bisa dilakukan melalui beberapa situs website yang menyediakan layanan tersebut.

Melalui beberapa situs website ini, Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan terlebih dahulu. Cukup buka browser ponsel Anda, dan kunjungi salah satu dari beberapa situs website berikut ini.

  • jabarprov.go.id

Situs website ini dikelola dan diperuntukkan bagi kendaraan di wilayah Jawa Barat. Anda yang berada di wilayah Jawa Barat tentu akan terbantu dengan situs dari Polda Jabar ini.

Untuk melakukan cek nomor rangka pun sangat mudah. Pertama buka browser pada ponsel Anda, lalu ketik alamat website tersebut. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman website.  Kemudian tulis nomor polisi kendaraan pada kolom pencarian di situs tersebut lalu klik tombol enter.

Selanjutnya tunggu beberapa saat, dan informasi mengenai kendaraan dengan nomor polisi yang Anda masukkan akan segera ditampilkan. Anda bisa melihat informasi mengenai pembayaran pajak sampai tempo pajak kendaraan tersebut, demikian juga nomor rangka detailnya..

  • jatengprov.go.id

Jika sebelumnya adalah situs cek nomor rangka motor untuk wilayah Jawa Barat, maka Anda yang berdomisili di Jawa Tengah juga bisa melakukan cek identitas motor online melalui website dppad.jatengprov.go.id.

Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa mengetik alamat website secara manual di browser atau mencari Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) di Google. Lalu, klik url dengan alamat website seperti diatas.

Setelah masuk ke halamannya, cara pemakaiannya pun sangat sederhana. Setelah Anda masuk ke halaman website tersebut, Anda bisa memilih menu ‘info cepat’.

Kemudian, pilih menu ‘info pajak kendaraan’ dan ikuti langkah selanjutnya, yaitu memasukkan nomor polisi kendaraan dan tekan enter. Selanjutnya, informasi kendaraan yang ingin Anda ketahui akan ditampilkan pada halaman tersebut.

  • jatimprov.go.id

Tidak hanya penduduk provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah saja yang dapat melakukan cek nomor rangka kendaraan secara online melalui web browser.

Pemerintah Jawa Timur juga menghadirkan layanan e-samsat untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan samsat. Tidak jauh berbeda dengan situs lainnya, Anda hanya perlu masuk ke halaman website tersebut dan klik info pada ‘opsi’ menu halaman.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya