Tips & Trik

Harus Lengkap, Ini Syarat Perpanjangan STNK Motor Dan Mobil

STNK merupakan salah satu dokumen penting bagi pemilik kendaraan bermotor. Surat tanda nomor kendaraan ini memiliki masa berlaku dalam rentan waktu tertentu dan harus diperpanjang saat habis. Pengendara harus memenuhi semua syarat perpanjangan STNK agar surat ini tetap bisa digunakan.

Perpanjangan STNK ini biasanya dibarengi dengan pembayaran pajak tahunan. Proses perpanjangan surat ini terdiri dari dua waktu, yaitu tahunan dan 5 tahun sekali. Berikut adalah syarat dan proses perpanjangan STNK yang perlu diketahui oleh para pemilik kendaraan bermotor.

Syarat Dalam Perpanjangan STNK Tahunan

Perpanjangan STNK tahunan dapat dilakukan secara online maupun dengan cara datang langsung ke samsat. Ada beberapa syarat perpanjangan STNK tahunan yang perlu dipenuhi oleh para pemilik kendaraan, dan berikut di antaranya.

  • Membawa KTP Asli Yang Sesuai

KTP yang wajib dibawa saat proses perpanjangan adalah dengan nama sesuai pada STNK maupun BPKP. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya KTP yang dibawa berupa asli dan fotokopi.

  • Membawa STNK

Dokumen STNK yang asli ini wajib dibawa saat melakukan perpanjangan. Syarat perpanjangan STNK motor dan mobil yang satu ini digunakan sebagai bukti kepemilikan kendaraan.

  • Biaya Pembayaran

Sebelum melakukan perpanjangan, pemilik kendaraan wajib menyiapkan sejumlah uang untuk biaya yang harus dibayarkan. Besaran biaya perpanjangan STNK ini berbeda pada setiap kendaraan. Para pemilik kendaraan bisa mencoba mengecek kisaran biaya ini secara online.

Proses Perpanjangan STNK Tahunan

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan pengendara saat sudah mengumpulkan persyaratan perpanjangan STNK adalah mengikuti setiap prosedur yang ada. Lalu, apa saja prosedur perpanjangan STNK yang harus dilalui oleh pemilik kendaraan? Berikut prosesnya.

  • Mengisi Formulir

Formulir perpanjangan STNK bisa didapatkan oleh para pengendara di loket yang ada di samsat. Pengisian formulir ini harus disesuaikan data asli dan mengacu pada syarat saat memperpanjang STNK kendaraan yang sudah dibawa oleh pemilik kendaraan.

  • Memasukkan Formulir Ke Loket

Berkas formulir yang sudah diisi secara lengkap oleh pemilik kendaraan harus diserahkan ke loket bersama dengan dokumen persyaratan perpanjangan. Setelah menyerahkan berkas ini pemilik kendaraan yang melakukan perpanjangan harus menunggu panggilan dari petugas.

Panggilan petugas ini guna menyerahkan lembaran biaya pajak yang harus dibayarkan. Antrian panggilan petugas ini biasanya akan ramai saat hari biasa. Sebab itu, apabila ingin melakukan perpanjangan STNK bisa berangkat lebih pagi supaya tidak antri.

  • Pembayaran Pajak

Biaya pajak perpanjangan ini dibayarkan melalui loket khusus yang sudah disediakan. Pelunasan pembayaran pajak ini guna mendapatkan STNK yang baru. Setelah melakukan pembayaran pajak, pemilik kendaraan bisa menunggu panggilan untuk pengesahan dan penerbitan STNK yang baru.

  • Penerimaan STNK

Tahap akhir yang dilakukan sesudah memenuhi persyaratan perpanjangan STNK adalah menunggu surat tanda kendaraan bermotor yang baru jadi. Pengesahan STNK yang baru ini disertai pengeluaran SKPD.

syarat_perpanjang_stnk_motor

Syarat Perpanjangan STNK 5 Tahun

Proses perpanjangan STNK ada yang dapat dilakukan 5 tahun sekali serta pembayaran pajak kendaraan. Syarat memperpanjang STNK 5 tahun sekali ini lebih kompleks daripada yang tahunan. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pengendara.

  • STNK Asli Dan Fotokopi

Berkas pertama yang harus dibawa oleh pemilik kendaraan saat melakukan perpanjangan adalah STNK asli dan fotokopi. STNK ini digunakan sebagai berkas yang harus diberikan kepada petugas samsat.

  • Membawa KTP

Kartu tanda penduduk yang harus dibawa oleh pemilik ini sesuai dengan nama yang tertera di STNK. KTP yang disertakan ini digunakan sebagai bukti kepemilikan kendaraan yang sedang diperpanjang STNK-nya.

  • Kendaraan Yang Diperpanjang STNK-nya

Persyaratan perpanjangan STNK berikutnya adalah pemilik wajib membawa kendaraannya. Sebab saat proses perpanjangan ini kendaraan akan digesek nomor rangka dan mesinnya. Pengecekan nomor ini dilakukan oleh petugas samsat.

  • Wajib Membawa BPKB

Bukti pemilik kendaraan bermotor yang asli wajib dibawa saat proses perpanjangan STNK. BPKB ini digunakan sebagai bukti kepemilikan kendaraan yang harus diserahkan oleh petugas samsat.

  • Biaya Pembayaran

Jumlah uang yang perlu disiapkan oleh para pemilik kendaraan adalah sebesar biaya pajak yang sudah ditetapkan. Jumlah biaya yang harus dikeluarkan ini berbeda di setiap jenis kendaraan. Biaya pembayaran yang perlu disiapkan ini juga bisa di cek secara online.

Proses Perpanjangan STNK 5 Tahunan

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pemilik kendaraan untuk bisa menyelesaikan proses perpanjangan STNK 5 tahunan. Proses perpanjangan ini bisa dilakukan dengan langsung mendatangi samsat. Sementara pembayaran pajak kendaraannya bisa dilakukan secara online.

Perpanjangan STNK mobil dan motor 5 tahunan memiliki proses yang sama. Lalu, apa saja proses yang harus dilalui para pemilik kendaraan dalam melakukan perpanjangan STNK? Berikut ulasannya.

  • Menyiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

Hal pertama yang paling penting saat akan melakukan perpanjangan STNK adalah melengkapi berkas atau dokumen persyaratan. Dokumen ini wajib untuk dipenuhi para pemilik kendaraan dan dipersiapkan dengan baik agar tidak ada yang tertinggal.

  • Melakukan Cek Fisik Kendaraan

Cara perpanjangan STNK untuk jangka 5 tahunan ini selanjutnya adalah pengecekkan kendaraan. Tahap pengecekkan ini tidak memerlukan waktu yang singkat. Proses ini berguna untuk mengecek nomor rangka dan mesin dan dilakukan oleh petugas samsat.

  • Pengambilan Blanko Cek Fisik

Pemilik kendaraan wajib mengambil blanko hasil pengecekkan fisik agar bisa melakukan proses perpanjangan yang selanjutnya. Blanko yang sudah diambil kemudian diserahkan pada loket bersangkutan.

  • Mengisi Formulir Perpanjangan STNK Yang Sudah Tersedia

Formulir perpanjangan STNK ini terdiri dari 2 macam, yaitu tahunan dan 5 tahunan. Data yang perlu diisikan ini harus asli. Berkas formulir bisa didapatkan pada loket perpanjangan STNK.

  • Menyerahkan Persyaratan Perpanjangan

Tahap selanjutnya pada cara perpanjangan STNK adalah menyerahkan berkas persyaratan yang sudah disiapkan, kecuali BPKP. Semua berkas ini dikumpulkan jadi 1 di dalam map atau distaples dan diserahkan ke loket pendaftaran.

  • Menunggu Panggilan

Proses menunggu panggilan ini harus dilalui oleh para pemilik kendaraan yang melakukan perpanpanjangan STNK. Agar tidak terlalu lama menunggu sebab antri yang panjang, maka Anda bisa mengantisipasinya dengan datang lebih pagi ke samsat tempat perpanjangan STNK.

  • Pembayaran Pajak

Proses pembayaran pajak ini bisa dilakukan secara online melalui bank atau datang langsung ke kasir yang ada di samsat.

Besaran pajak yang dibayarkan ini sesuai dengan surat dari petugas samsat. Apabila cara perpanjangan STNK terakhir ini sudah selesai, maka Anda bisa mengganti plat nomor baru.

Melakukan perpanjangan STNK mobil maupun motor adalah kewajiban setiap pemilik kendaraan. STNK ini adalah dokumen penting yang harus dibawa saat pengendara berada di jalan raya, terutama saat berpergian. Identitas pemilik kendaraan bermotor pun bisa diketahui melalui STNK.

Syarat perpanjangan STNK mobil maupun motor harus dipenuhi agar proses bisa berjalan dengan lancar. Sebelum berangkat ke samsat untuk melakukan perpanjangan, sebaiknya melakukan pengecekan berkas berkali-kali terlebih dahulu supaya tidak ada yang tertinggal.

Berita Lainnya