Tips & Trik

Harus Lengkap, Ini Syarat Perpanjangan STNK Motor Dan Mobil

PUBLISHED DATE : 24 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/biaya_perpanjang_stnk_mobil_dan_motor.jpg

STNK merupakan salah satu dokumen penting bagi pemilik kendaraan bermotor. Surat tanda nomor kendaraan ini memiliki masa berlaku dalam rentan waktu tertentu dan harus diperpanjang saat habis. Pengendara harus memenuhi semua syarat perpanjangan STNK agar surat ini tetap bisa digunakan.

Perpanjangan STNK ini biasanya dibarengi dengan pembayaran pajak tahunan. Proses perpanjangan surat ini terdiri dari dua waktu, yaitu tahunan dan 5 tahun sekali. Berikut adalah syarat dan proses perpanjangan STNK yang perlu diketahui oleh para pemilik kendaraan bermotor.

Syarat Dalam Perpanjangan STNK Tahunan

Baca Juga : Fungsi Avometer: Bagian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Perpanjangan STNK tahunan dapat dilakukan secara online maupun dengan cara datang langsung ke samsat. Ada beberapa syarat perpanjangan STNK tahunan yang perlu dipenuhi oleh para pemilik kendaraan, dan berikut di antaranya.

  • Membawa KTP Asli Yang Sesuai

KTP yang wajib dibawa saat proses perpanjangan adalah dengan nama sesuai pada STNK maupun BPKP. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya KTP yang dibawa berupa asli dan fotokopi.

  • Membawa STNK

Dokumen STNK yang asli ini wajib dibawa saat melakukan perpanjangan. Syarat perpanjangan STNK motor dan mobil yang satu ini digunakan sebagai bukti kepemilikan kendaraan.

  • Biaya Pembayaran

Baca Juga : Terbaru, Begini Cara Cek Pajak Motor serta Syarat Bayarnya

Sebelum melakukan perpanjangan, pemilik kendaraan wajib menyiapkan sejumlah uang untuk biaya yang harus dibayarkan. Besaran biaya perpanjangan STNK ini berbeda pada setiap kendaraan. Para pemilik kendaraan bisa mencoba mengecek kisaran biaya ini secara online.

Proses Perpanjangan STNK Tahunan

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan pengendara saat sudah mengumpulkan persyaratan perpanjangan STNK adalah mengikuti setiap prosedur yang ada. Lalu, apa saja prosedur perpanjangan STNK yang harus dilalui oleh pemilik kendaraan? Berikut prosesnya.

  • Mengisi Formulir

Baca Juga : Coating Mobil: Proses, Manfaat, dan Jenisnya

Formulir perpanjangan STNK bisa didapatkan oleh para pengendara di loket yang ada di samsat. Pengisian formulir ini harus disesuaikan data asli dan mengacu pada syarat saat memperpanjang STNK kendaraan yang sudah dibawa oleh pemilik kendaraan.

  • Memasukkan Formulir Ke Loket

Berkas formulir yang sudah diisi secara lengkap oleh pemilik kendaraan harus diserahkan ke loket bersama dengan dokumen persyaratan perpanjangan. Setelah menyerahkan berkas ini pemilik kendaraan yang melakukan perpanjangan harus menunggu panggilan dari petugas.

Panggilan petugas ini guna menyerahkan lembaran biaya pajak yang harus dibayarkan. Antrian panggilan petugas ini biasanya akan ramai saat hari biasa. Sebab itu, apabila ingin melakukan perpanjangan STNK bisa berangkat lebih pagi supaya tidak antri.

  • Pembayaran Pajak

Biaya pajak perpanjangan ini dibayarkan melalui loket khusus yang sudah disediakan. Pelunasan pembayaran pajak ini guna mendapatkan STNK yang baru. Setelah melakukan pembayaran pajak, pemilik kendaraan bisa menunggu panggilan untuk pengesahan dan penerbitan STNK yang baru.

  • Penerimaan STNK

Tahap akhir yang dilakukan sesudah memenuhi persyaratan perpanjangan STNK adalah menunggu surat tanda kendaraan bermotor yang baru jadi. Pengesahan STNK yang baru ini disertai pengeluaran SKPD.

syarat_perpanjang_stnk_motor

Syarat Perpanjangan STNK 5 Tahun

Proses perpanjangan STNK ada yang dapat dilakukan 5 tahun sekali serta pembayaran pajak kendaraan. Syarat memperpanjang STNK 5 tahun sekali ini lebih kompleks daripada yang tahunan. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pengendara.

  • STNK Asli Dan Fotokopi
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya