Tips & Trik

Tidak Sulit, Ini Cara Melihat Nomor Rangka Motor

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/nomer_rangka_motor.jpg

Saat membeli motor bekas selain memastikan kondisi body dan mesin, sebaiknya Anda juga memperhatikan nomor rangka motor tersebut.  Layaknya sebuah produk industri, motor memiliki nomor identitasnya sendiri.

Nomor rangka ini juga terdapat pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Lalu bagaimana cara melihat nomor rangka pada motor ini? Ternyata tidak sulit. Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

Baca Juga : Lampu Hazard untuk Sepeda Motor, Pentingkah?

Suzuki_GSX

Cara Melihat Nomor Rangka Motor

Melihat Nomor Rangka di STNK

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau biasa disebut dengan STNK merupakan cara melihat nomor rangka yang paling mudah. Sebagai surat tanda nomor kendaraan, surat ini memuat berbagai informasi lengkap mengenai kendaraan yang akan Anda beli.

Baca Juga : Electric Starter Motor Tidak Berfungsi dengan Baik? Jangan Buru-buru Salahkan Accu!

Namun sayangnya, STNK sering dipalsukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, Anda benar-benar harus teliti dan memastikan bahwa surat tersebut adalah asli. Anda bisa memeriksa keaslian dokumen dengan membawanya langsung ke Samsat setempat.

Melihat Nomor Rangka di BPKB

Cara selanjutnya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Baik STNK atau BPKB umumnya memuat informasi tentang kendaraan, termasuk kepemilikan dan nomor rangka motor.

Baca Juga : Motor Sport Anda Sudah Berusia 5 Tahun? Ini Komponen yang Perlu Diganti

Seperti pada STNK, Anda juga harus memastikan keaslian BPKB agar tidak mengalami kerugian. Pasalnya, BPKB atau STNK sering dipalsukan untuk menjual motor second.  Namun ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui apakah BPKB kendaraan tersebut asli atau bukan.

Memeriksa Cover BPKB

Pertama, lakukan pemeriksaan pada halaman cover BPKB. Dokumen BPKB palsu biasanya memiliki warna yang lebih buram dan kusam, sementara yang asli mempunyai warna yang lebih mengkilap.

Cek Hologram

BPKB dilengkapi dengan hologram pada halaman pertama. Melalui hologram ini Anda bisa membedakan dokumen tersebut asli atau palsu.

Umumnya dokumen BPKB asli jika diterawang, hologramnya akan berubah warna. Berbeda dengan hologram BPKB tiruan. Hologram akan tetap berwarna abu-abu saat diterawang.

Lihat Lambang Korlantas

Pada halaman 14 BPKB asli Anda bisa menemukan lambang Korlantas jika meneranginya dengan sinar ultraviolet. Selain itu, logo tersebut juga dibuat timbul sehingga teksturnya terasa agak kasar dibanding dengan BPKB palsu yang memiliki tekstur rata.

Mengecek Nomor Rangka Secara Manual

Selain melalui kedua dokumen di atas, cek rangka motor secara manual juga bisa jadi jalan keluar. Untuk mengecek rangka motor secara manual, biasanya setiap motor memiliki letak nomor rangka yang berbeda-beda. Anda bisa mengecek beberapa bagian motor untuk menemukan nomor tersebut.

Nomor kendaraan sendiri tidak hanya merupakan angka yang tidak memiliki fungsi sama sekali. Nomor rangka merupakan identitas kendaraan.

Melalui nomor rangka ini, Anda bisa mengetahui asal kendaraan, tahun rilis, nomor mesin dan lain sebagainya. Namun Anda perlu memperhatikan bagaimana kondisi nomor rangka tersebut dan memastikannya sudah benar dan sesuai dengan setiap dokumen yang dimiliki.

Jika Anda melihat ada tempelan atau nomor rangka yang tidak rapi, sebaiknya lakukan cek nomor rangka dengan cara lainnya atau mendatangi samsat terdekat untuk memastikannya.

Mengecek Nomor Rangka Melalui Aplikasi Smartphone

Jika merasa pengecekan nomor rangka kendaraan secara manual cukup merepotkan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi smartphone.

Aplikasi khusus untuk mengecek rangka motor ini akan sangat membantu. Disini, Anda hanya membutuhkan akses internet untuk mengetahui identitas motor tersebut, termasuk nomor rangkanya.

Salah satu aplikasi cek nomor rangka motor yaitu ‘Cek Ranmor & Pajak DKI’ yang dibuat oleh samsat DKI Jakarta. Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di Play Store atau Google Play lalu install pada ponsel.

Setelah itu, masuk ke aplikasi dan masukkan plat nomor kendaraan yang ingin Anda cari tahu informasinya.

Hanya dengan memasukkan plat nomor saja Anda bisa mendapatkan informasi detail tentang kendaraan tersebut. Hal ini termasuk info tahun produksi kendaraan, jumlah pajak, nama pemilik, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan aplikasi ini jika ingin membeli kendaraan second.

Cek Rangka Motor Online Melalui Browser

Selain menyediakan aplikasi untuk mengecek identitas kendaraan, ternyata mengetahui nomor rangka motor juga bisa dilakukan melalui beberapa situs website yang menyediakan layanan tersebut.

Melalui beberapa situs website ini, Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan terlebih dahulu. Cukup buka browser ponsel Anda, dan kunjungi salah satu dari beberapa situs website berikut ini.

  • jabarprov.go.id

Situs website ini dikelola dan diperuntukkan bagi kendaraan di wilayah Jawa Barat. Anda yang berada di wilayah Jawa Barat tentu akan terbantu dengan situs dari Polda Jabar ini.

Untuk melakukan cek nomor rangka pun sangat mudah. Pertama buka browser pada ponsel Anda, lalu ketik alamat website tersebut. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman website.  Kemudian tulis nomor polisi kendaraan pada kolom pencarian di situs tersebut lalu klik tombol enter.

Selanjutnya tunggu beberapa saat, dan informasi mengenai kendaraan dengan nomor polisi yang Anda masukkan akan segera ditampilkan. Anda bisa melihat informasi mengenai pembayaran pajak sampai tempo pajak kendaraan tersebut, demikian juga nomor rangka detailnya..

  • jatengprov.go.id

Jika sebelumnya adalah situs cek nomor rangka motor untuk wilayah Jawa Barat, maka Anda yang berdomisili di Jawa Tengah juga bisa melakukan cek identitas motor online melalui website dppad.jatengprov.go.id.

Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa mengetik alamat website secara manual di browser atau mencari Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) di Google. Lalu, klik url dengan alamat website seperti diatas.

Setelah masuk ke halamannya, cara pemakaiannya pun sangat sederhana. Setelah Anda masuk ke halaman website tersebut, Anda bisa memilih menu ‘info cepat’.

Kemudian, pilih menu ‘info pajak kendaraan’ dan ikuti langkah selanjutnya, yaitu memasukkan nomor polisi kendaraan dan tekan enter. Selanjutnya, informasi kendaraan yang ingin Anda ketahui akan ditampilkan pada halaman tersebut.

  • jatimprov.go.id

Tidak hanya penduduk provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah saja yang dapat melakukan cek nomor rangka kendaraan secara online melalui web browser.

Pemerintah Jawa Timur juga menghadirkan layanan e-samsat untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan samsat. Tidak jauh berbeda dengan situs lainnya, Anda hanya perlu masuk ke halaman website tersebut dan klik info pada ‘opsi’ menu halaman.

Setelah itu, tulis nomor polisi kendaraan Anda. Pada proses ini akan muncul Chapta. Pilihlah Chapta sesuai yang diinstruksikan. Jika sandi Captcha sudah benar, maka selanjutnya Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai informasi kendaraan ditampilkan.

  • com

Jika Anda berdomisili di wilayah Jogja, maka Anda dapat melakukan cek identitas kendaraan melalui website infojkbdiy.com.

Sebagaimana situs sebelumnya, cek nomor rangka kendaraan bermotor ini dilakukan dengan memasukkan plat nomor kendaraan dan klik submit. Setelah itu, akan muncul informasi mengenai identitas kendaraan plat nomor tersebut.

Cek nomor rangka kendaraan bermotor menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi dan website dari samsat ini. Anda bisa mencari layanan e-samsat di daerah Anda untuk menikmati layanan ini. 

Berita Lainnya