Tips & Trik

Rider Penting Tahu, Ini Cara Merawat Motor Matic Injeksi

PUBLISHED DATE : 18 November 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/30__Nex_II_Elegant_(1)1.jpg

Motor matic injeksi sekarang ini banyak dipilih karena penggunaannya yang mudah dan perawatannya pun tidak ribet.

Meskipun demikian, cara merawat motor matic injeksi harus benar-benar diperhatikan dan dilakukan secara tepat agar mesin dapat bekerja secara optimal.

Untuk itu, berikut akan dijelaskan secara gamblang tentang cara perawatan motor matic khusus injeksi yang penting untuk Anda ketahui. 

Baca Juga : Oversize Piston Motor: Pengertian, Fungsi & Manfaatnya

Panaskan Motor Sebelum Digunakan

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh para pemilik motor adalah tidak memanaskan mesinnya terlebih dahulu sebelum digunakan. Sadarkah Anda jika kebiasaan tersebut sama saja dengan membunuh motor secara perlahan?

Tujuan dari memanasi mesin adalah supaya oli mencapai suhu yang optimal ketika melumasi semua bagian mesin. Dengan demikian, komponen mesin yang terbuat dari baja dapat bekerja secara optimal.

Baca Juga : Catat Ini Jarak Ideal Ganti Oli Motor Matic

Motor yang langsung digunakan tanpa dipanasi terlebih dahulu lambat laun akan mengalami rusak pada bagian mesinnya.

Oleh karena itu, biasakan untuk memanasi motor sebelum digunakan setidaknya 5-10 menit. Dianjurkan pula dilakukan di pagi hari sebelum digunakan untuk beraktivitas.

30._Nex_II_Elegant__2_

Baca Juga : Cara Membersihkan Radiator Motor dengan Mudah

Pastikan Bensin Tidak Sampai Kehabisan

Mengisi bensin sudah menjadi kewajiban bagi pengendara motor karena bensin merupakan bahan bakar utama bagi kendaraan. Bayangkan jika bensin Anda sampai kehabisan, sudah pasti mesin motor tidak akan hidup.

Terlebih lagi bagi motor injeksi. Motor tersebut tidak boleh sampai kehabisan bensin karena mesin akan terkena imbasnya.

Jika bagian injektornya rusak, Anda akan mengeluarkan biaya yang lumayan besar untuk memperbaikinya. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Gunakan Bensin yang Berkualitas

Perlu Anda ketahui, kualitas bensin yang digunakan pada motor sangat berpengaruh pada kualitas mesinnya.

Oleh karena itu, gunakan bensin yang berkualitas dan tepat jika ingin mesin motor terasa nyaman saat dikendarai. Selain itu, gunakan pula bensin dalam satu jenis.

Sebaiknya Anda hindari membeli bensin eceran yang sering dijual di toko-toko atau rumah-rumah karena biasanya merupakan bensin campuran.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya