Tips & Trik

Anda Pemilik Motor Matik? Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini!

PUBLISHED DATE : 27 November 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Anda-Pemilik-Motor-Matik-Wajib-Perhatikan-3-Komponen-Ini.png

Perawatan pada sepeda motor apapun jenisnya, tidak cuma penggantian oli secara rutin saja. Nah, untuk motor matik atau skutik, ada 3 komponen penting yang sangat disarankan untuk dirawat dan diperhatikan. Apa saja 3 komponen tersebut? Komponen-komponen tersebut adalah komponen yang terdapat pada transmisi otomatis atau CVT (Continuously Variable Transmission), yaitu:

  1. V-belt
  2. Roller
  3. Kanvas kopling.

Kenapa 3 komponen tersebut harus dirawat?

Yang pertama, V-Belt, jika tidak terawat bisa menyebabkan masalah dan bahaya saat motor sedang melaju di jalan. Lalu, roller. Komponen ini juga tak kalah penting untuk dirawat. Walaupun bentuknya kecil, tapi fungsinya cukup besar. Roller pada motor matik terdiri dari beberapa buah. Kalau rusak satu roller, disarankan untuk diganti semuanya.

Baca Juga : Praktis, Ini 6 Cara Membersihkan Karburator Motor

Gejala yang ditimbulkan jika roller rusak bisa kita ketahui dari adanya bunyi atau suara berisik di dalam CVT bagian depan. Ketebalan dari kanvas kopling juga wajib diperhatikan, karena jika sudah di bawah batas servis akan sangat berbahaya jika digunakan karena bisa merusak komponen CVT lainnya seperti mangkok kopling.

Itulah informasi tentang 3 komponen yang wajib diperhatikan perawatannya oleh Anda yang memiliki motor matik. Untuk merawat 3 komponen dan komponen-komponen lain di sepeda motor matik Anda, rutinlah melakukan servis berkala di bengkel resmi Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya