Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab Lampu Senja Motor Mati & Solusinya

PUBLISHED DATE : 11 Januari 2022

153995759 S

Ada beberapa penyebab mengapa lampu senja motor Anda lebih cepat mati. Simak beberapa penyebab dan solusi memperbaikinya berikut ini. 

  1. Anda Tidak Menggunakan Lampu Asli Pabrikan 

Apakah Anda selalu mengganti lampu senja dengan yang asli keluaran pabrikan? Banyak sekali pengendara yang asal membeli lampu senja tanpa memperhatikan produsen dan di mana membeli. 

Asalkan lampu bisa menyala saja tidak menjamin keawetannya karena produk tidak sesuai dengan komponen pada motor. Alhasil lampu pasti lebih cepat mati dibandingkan jika Anda membeli lampu yang asli. 

Lampu pabrikan asli diciptakan menyesuaikan dengan model standar dari sepeda motor yang mereka ciptakan. Begitu juga dengan watt dari lampu yang sudah disesuaikan. 

Apabila Anda membeli lampu sembarangan maka watt yang terlalu besar akan mempengaruhi sistem kelistrikan juga. Anda yang tidak ingin bermasalah dengan lampu sering putus mulai sekarang belilah lampu asli dari pabrikan motor. 

    2. Korsleting pada Kabel 

Arus listrik ke lampu dialirkan menggunakan kabel, sayangnya ketika komponen yang satu ini rusak bisa mengakibatkan korsleting.  Motor yang jarang diservis dan dicek sistem kelistrikannya mudah mengalami kerusakan pada bagian kabel. 

Baca Juga : Mika Lampu Motor Kusam dan Menguning? Begini Triknya

Termasuk konektor kabel yang lepas atau kendor akibat getaran ketika penggunaan motor bisa jadi penyebabnya. Oleh karena itu, apabila lampu senja motor lebih sering mati, Anda lebih baik mengecek terlebih dahulu pada sistem kabel. 

Cek apakah ada lapisan kabel luar yang mengelupas atau justru putus. Jika kabel rusak segeralah ganti dengan yang baru agar arus listrik bisa mengalir dengan baik. 

    3. Kerusakan pada Kiprok 

Lampu senja motor yang sering mati bisa juga disebabkan oleh kiprok yang rusak. Fungsi dari kiprok adalah untuk menstabilkan arus listrik ke lampu. Sehingga jumlah arusnya tidak berlebih dan sesuai dengan kebutuhannya. 

Karena jika arus listrik terlalu besar berpotensi menimbulkan korsleting sehingga lampu mudah putus.  Kiprok yang rusak sudah pasti akan mengganggu proses pengisian listrik. 

Ketika kiprok yang rusak maka solusi yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki atau menggantinya. Jangan biarkan motor menggunakan kiprok yang rusak, karena lampu akan terus menerus mudah mati. 

    4. Masuknya Air ke Bagian Reflektor 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya