Tips & Trik

Punya Motor Matik Suzuki? Jangan Malas Servis Sistem CVT-nya Ya!

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/Punya_Motor_Matik_Suzuki.jpg

Punya motor matik Suzuki memang nyaman dan tenang. Selain mesin bandel dan konsumsi bahan bakar yang irit, perawatannya pun tergolong mudah. Agar performanya tetap maksimal, mengecek komponen CVT atau Continuously Variable Transmission, merupakan hal yang harus dilakukan.

CVT sendiri merupakan komponen khusus yang bertugas untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Nah jika dalam motor bebek dan sport fungsi ini sudah dicover oleh rantai dan gear, maka dalam motor matik bentuk dan sistemnya sedikit rumit.

Komponen CVT sendiri terdiri dari beberapa bagian, diantaranya roller, per CVT, v-belt, mangkok kopling dan lainnya. Semua komponen ini wajib dirawat, atau minimalnya dibersihkan.

Baca Juga : Sudah Tahu? Ini Takaran Oli Shock Depan Motor

Apa yang terjadi jika jarang dibersihkan?

Menurut Saifudin, salah satu mekanik di Jakarta, menyebut jika jarang dibersihkan, CVT tidak akan bekerja dengan maksimal. Imbasnya, kondisi ini akan menyebabkan tarikan motor jadi terhambat, performa motor kurang maksimal, dan menyebabkan boros bahan bakar.

Lebih lanjut lagi, Saifudin menekankan ketika melakukan perawatan, pastikan mekanik yang bertugas tidak hanya membersihkan, mereka pun wajib melakukan pengecekan di beberapa bagian komponen CVT. Hal ini dilakukan untuk memastikan bagian CVT masih layak digunakan.

Baca Juga : Anda Pemilik Motor Matik? Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini!

Jangan Lupa Beri Gemuk

Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk meminta mekanik memberikan gemuk atau grease di beberapa bagian motor, terutama pulley depan dan pulley belakang. Keduanya wajib diberi gemuk karena memang komponen ini kerap bergesekan dengan komponen lainnya.

Jika tidak diberi gemuk, pin guide dalam komponen tersebut akan tergerus dan pulley depan dan belakang akan jadi oblak. Hal ini biasanya ditandai dengan suara CVT yang terdengar sedikit kasar dan tarikan motor yang jadi lebih berat.

Baca Juga : Stop Panik, Ini Penyebab Gas Motor Naik Sendiri

Untuk kerusakan yang lebih parah, CVT bisa macet karena pulley belakang tidak bekerja maksimal, dan v-belt jadi terkunci. Kalau sudah begini, mau tidak mau komponen tersebut harus diganti baru.

Makanya agar pengecekan dilakukan dengan lebih maksimal, sebaiknya services motor Anda di bengkel resmi Suzuki, yang ditangani oleh mekanik-mekanik handal. Selain itu, pastikan selalu gunakan spare part asli Suzuki, baik komponen CVT ataupun komponen lainnya.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya