Tips & Trik

Apa Itu Tune Up Motor? Ayo Cari Tahu

Saat ini hampir di setiap rumah memiliki kendaraan motor. Hal tersebut menjadi sebuah bukti bahwa motor menjadi salah satu kendaraan yang dibutuhkan banyak orang. Apabila Anda memiliki motor maka ada baiknya jika memperhatikan perawatannya juga. Salah satunya adalah dengan melakukan tune up motor.

Ketika memiliki sebuah motor Anda tentunya menginginkan kendaraan tersebut awet dan nyaman dipakai, bukan? Oleh sebab itu, perawatan motor secara rutin juga penting untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk membuat kendaraan Anda tetap aman dan nyaman ketika digunakan.

Pengertian Tune Up pada Motor

Memiliki sebuah motor ternyata tidak menjamin seseorang memahami tentang beberapa perawatan motor yang perlu dilakukan. Seperti halnya tune up motor, beberapa dari Anda mungkin masih bertanya-tanya sebenarnya apa itu tune up motor dan bagaimana cara tune up motor yang tepat?

Perlu Anda ketahui bahwa tune up motor ini merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengembalikan performa motor ke performa standarnya. Hal ini penting untuk dilakukan karena penggunaan motor yang dipakai setiap hari dapat mengakibatkan beberapa perubahan.

Beberapa perubahan yang terjadi pada motor Anda ini harus dikembalikan pada performa standar awal. Khususnya pada komponen mesin dan filter udara. Perubahan-perubahan pada motor ini biasanya terjadi pada komponen mesin dan filter udara karena lama tidak melakukan tune up.

Mesin yang sering digunakan pada motor dapat mengakibatkan keausan. Sementara itu, filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udaranya. Perubahan yang dihasilkan memang tidak terlalu besar. Jika Anda menggunakannya dalam waktu lama tanpa melakukan tune up maka akan terasa perbedaannya.

apa_itu_tune_up_motor

Cara Tune Up yang Tepat

Tidak sedikit dari Anda yang masih belum mengerti bagaimana cara tune up motor yang tepat, bukan? Untuk melakukan tune up pada motor ada 3 sektor yang harus Anda perhatikan. Diantaranya adalah sektor mesin, chasis dan sektor transmisi.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan pada sektor mesin adalah mengecek kualitas dari oli. Kemudian, mengecek busi dan melakukan pemeriksaan filter udara. Setelah itu, Anda perlu memeriksa filter bensin serta karburator. Untuk motor injeksi, Anda perlu melakukan pembersihan injektor dan penyetelan katup.

Pada sektor chasis, Anda harus mengecek kemudi motor dan menyetel rantai roda. Setelah itu, memeriksa ban dan velg serta mengecek kampas rem. Kemudian, melakukan pemeriksaan pada volume minyak rem dan roller untuk motor matic. Selain itu, oli gardan pada motor matic juga perlu Anda periksa.

Cara tune up motor yang ketiga adalah pada sektor transmisi. Pada bagian ini Anda harus mengecek tegangan aki dan tegangan pengisian motor. Tidak hanya itu, rangkaian pengapian motor, serta lampu dan klakson juga perlu Anda cek pada sektor transmisi ini. 

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tune Up

Anda perlu mengetahui bahwa untuk melakukan tune up ini hendaknya tidak dilakukan secara sembarangan. Ada waktu yang tepat dan memang dianjurkan untuk melakukan tune up pada motor agar hasilnya maksimal.

Waktu yang tepat untuk melakukan tune up ini adalah sekitar 3 bulan sekali atau setiap motor Anda telah mencapai interval 2.000 km. Interval ini berlaku bagi Anda yang sering menggunakan pada jalur yang berdebu. Untuk penggunaan kecepatan lambat dan jarang pada area berdebu sekitar 3.000- 4.000 km.

Waktu untuk melakukan tune up tidak hanya bergantung pada jarak yang ditempuh. Anda juga dapat segera melakukan tune up motor apabila ada masalah pada mesin motor yang digunakan. Misalnya ketika tenaga mesinnya sudah dirasa berkurang atau mesin brebet.

Apabila konsumsi BBM dirasa boros bahkan keluar asap hitam dari knalpot sebaiknya Anda harus segera melakukan tune up. Selain itu, motor yang susah hidup ketika pagi juga menjadi ciri bahwa sudah waktunya Anda melakukan tune up. Ciri lainnya adalah susah oper gigi serta getaran pada mesin tinggi.

Manfaat dari Tune Up pada Motor

Tune up pada motor tentunya memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh Anda sebagai penggunanya. Selain itu, motor yang Anda miliki juga akan merasakan manfaat setelah dilakukan tune up. Pada dasarnya, manfaat dari tune up pada motor ini untuk mengembalikan performa nya seperti semula.

Anda sebagai penggunanya tentu dapat merasakan perbedaan ketika menggunakan motor yang sudah lama tidak di tune up. Salah satunya adalah apabila tenaga dari mesin motor sudah dirasa kurang dan berat ketika digunakan. Oleh sebab itu, Anda harus segera mengembalikan performa nya yang semula.

Tune up ini juga bermanfaat untuk motor Anda agar kondisi mesin nya tetap terjaga dan awet. Perawatan komponen pada motor yang dilakukan secara rutin tentu dapat membuatnya bertahan lebih lama. Hal tersebut akan berbeda dengan motor yang tidak dirawat secara rutin.

Selain itu, manfaat dari tune up pada motor ini adalah untuk mengetahui bahwa mesin motor selalu dalam keadaan baik. Perawatan rutin ini juga dapat menghindarkan motor Anda dari kerusakan yang lebih parah. Anda sebagai pengguna nya juga akan merasa lebih nyaman ketika berkendara.

Biaya untuk Tune Up

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya selalu menjadi hal yang dipertimbangkan dalam segala hal, bukan? Termasuk dalam melakukan tune up. Beberapa dari Anda mungkin masih merasa khawatir dengan jumlah yang harus dikeluarkan untuk melakukan tune up motor ini.

Penting untuk Anda ketahui bahwa sebenarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk tune up ini beragam. Hal tersebut biasanya disesuaikan dengan jenis motor yang Anda miliki. Biaya untuk motor matic, motor bebek, hingga motor sport tentunya memiliki harga yang berbeda.

Biasanya untuk jenis motor matic dan motor bebek memerlukan biaya sekitar Rp. 50.000,- hingga Rp. 70.000,-. Sementara itu, untuk motor sport dapat menghabiskan biaya sebesar Rp. 100.000,- bahkan lebih. Biaya tersebut hanya untuk ongkos jasa nya saja.

Apabila Anda ingin mengganti beberapa bagian dari motor seperti filter udara, busi, oli maupun bagian lainnya maka harus mengeluarkan biaya tambahan. Oleh sebab itu, ketika hendak melakukan tune up dan mengganti beberapa bagian pada motor minimal harus menyiapkan biaya sebesar Rp. 200.000,-.

Cara Melakukan Tune Up Pada Motor Ketika Mesin Panas

Ketika mesin motor dalam keadaan panas, hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan tune up adalah memeriksa dan menyetel celah katup isap. Setelah itu, buang dan sesuai dengan spesifikasi dari motor yang Anda miliki. Kemudian periksa kebersihan dari karburator motor tersebut.

Langsam motor dan campuran AFR harus Anda setelah menggunakan alat pengukur gas CO. Apabila telah selesai, Anda dapat memeriksa tekanan kompresi pada motor. Hal tersebut dikarenakan ketika mesin panas piston sudah memuai dengan sempurna. Setelah itu, Anda dapat melakukan tes jalan pada motor untuk memastikan motor sudah dalam keadaan normal kembali.

Berita Lainnya