Tips & Trik

Apa Itu Tune Up Motor? Ayo Cari Tahu

PUBLISHED DATE : 28 September 2020

Cara Tune Up Motor

Selain itu, manfaat dari tune up pada motor ini adalah untuk mengetahui bahwa mesin motor selalu dalam keadaan baik. Perawatan rutin ini juga dapat menghindarkan motor Anda dari kerusakan yang lebih parah. Anda sebagai pengguna nya juga akan merasa lebih nyaman ketika berkendara.

Biaya untuk Tune Up

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya selalu menjadi hal yang dipertimbangkan dalam segala hal, bukan? Termasuk dalam melakukan tune up. Beberapa dari Anda mungkin masih merasa khawatir dengan jumlah yang harus dikeluarkan untuk melakukan tune up motor ini.

Penting untuk Anda ketahui bahwa sebenarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk tune up ini beragam. Hal tersebut biasanya disesuaikan dengan jenis motor yang Anda miliki. Biaya untuk motor matic, motor bebek, hingga motor sport tentunya memiliki harga yang berbeda.

Biasanya untuk jenis motor matic dan motor bebek memerlukan biaya sekitar Rp. 50.000,- hingga Rp. 70.000,-. Sementara itu, untuk motor sport dapat menghabiskan biaya sebesar Rp. 100.000,- bahkan lebih. Biaya tersebut hanya untuk ongkos jasa nya saja.

Baca Juga : 9 Cara Merawat Motor Bebek agar Performanya Terjamin

Apabila Anda ingin mengganti beberapa bagian dari motor seperti filter udara, busi, oli maupun bagian lainnya maka harus mengeluarkan biaya tambahan. Oleh sebab itu, ketika hendak melakukan tune up dan mengganti beberapa bagian pada motor minimal harus menyiapkan biaya sebesar Rp. 200.000,-.

Cara Melakukan Tune Up Pada Motor Ketika Mesin Panas

Ketika mesin motor dalam keadaan panas, hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan tune up adalah memeriksa dan menyetel celah katup isap. Setelah itu, buang dan sesuai dengan spesifikasi dari motor yang Anda miliki. Kemudian periksa kebersihan dari karburator motor tersebut.

Langsam motor dan campuran AFR harus Anda setelah menggunakan alat pengukur gas CO. Apabila telah selesai, Anda dapat memeriksa tekanan kompresi pada motor. Hal tersebut dikarenakan ketika mesin panas piston sudah memuai dengan sempurna. Setelah itu, Anda dapat melakukan tes jalan pada motor untuk memastikan motor sudah dalam keadaan normal kembali.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya