Tips & Trik

Praktis, Ini 6 Cara Membersihkan Karburator Motor

PUBLISHED DATE : 18 Mei 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/karburator_motor.jpg

Karburator motor adalah salah satu komponen dalam motor yang mempunyai fungsi sebagai sistem pembakaran pada motor.  Walaupun sekarang ada sistem pembakaran yang memakai elektronik atau injeksi yang sering kita sebut Fuel Injection, namun masih banyak juga motor yang masih memakai karburator.

Karburator motor bisa dibilang salah satu komponen motor yang penting karena menyangkut proses pembakaran. Proses pembakaran dalam karburator yaitu dengan prose bertemu udara dan bahan bakar motor lalu akan diteruskan ke dalam ruang pembakaran.

Karburator juga memiliki gangguan yang kadang dialami seperti terlalu kotor.  Jika karburator sudah kotor makan motor pun akan mengalami gangguan seperti mesin mogok seperti tersendat-sendat dan motor yang susah dihidupkan. Jika sudah kotor anda harus mengetahui cara membersihkan karburator motor dengan benar.

Baca Juga : Tips Sederhana agar Motor Tidak Mudah Dicuri Maling

Sangat penting untuk kita menjaga kondisi karburator agar tetap bersih dan prima, salah satunya dengan membersihkan karburator.  Bagi anda yang ingin tahu bagaimana membersihkan karburator dengan baik dan benar, perhatikan langkah-langkah cara membersihkan karburator dibawah ini.

6 Cara Praktis Membersihkan Karburator Motor

bersihkan kaburator

  1. Lepaskan Dulu Karburator Dari Dudukan

Pertama anda harus melepaskan dulu karburator dari dudukan, kemudian dudukan posisinya.  Sebelum nya anda harus menyiapkan dulu alat atau kunci untuk melepaskan karburator.  Hati-hati ketika ingin melepaskan karburator

  1. Buka Mangkuk Karburator Kemudian Bersihkan

Baca Juga : Cara Mengendarai Motor Matic, Buat Kamu Yang Baru Belajar

Selanjutnya anda buka mangkok karburator motor dengan melepas semua baut pengaitnya.  Lalu lihat apakah ada endapan atau bagian yang terkontaminasi.  Jika memang kotor, bersihkan menggunakan kuas lembut lalu bilas menggunakan bensin agar lebih bersih.

  1. Lepas Dan Bersihkan Pilot Jet

Kemudian anda harus lepaskan bagian pilot jet, main jet dan juga needle jet dari karburator motor.  Sebaiknya anda lepaskan dengan hati-hati lalu segera bersihkan dengan cara meniupnya.  Akan lebih mudah jika anda menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup manual

  1. Bersihkan Main Jet Karburator

Setelah anda melepaskan bagian pilot jet termasuk main jet dan juga needle jet. Kemudian anda bersihkan dengan menggunakan kompresor. Nah untuk membersihkan Needle jet ini anda harus berhati-hati. Cukup dengan kuas yang sudah dicelupkan ke bensin kemudian anda semprot pada bagian lubang memakai kompresor.

  1. Bersihkan Spuyer Karburator

Baca Juga : Yuk Mengenal Lebih Dalam Sistem Kelistrikan Motor

Cara membersihkan karburator berikutnya adalah dengan membersihkan spuyer karburator, bagian ini sangat berpengaruh pada kinerja mesin, jadi bagian ini cukup penting untuk kita bersihkan.

Anda harus berhati hati ketika membersihkan spuyer agar tak merubah diameter nya, karena jika diameter spuyer berubah kemungkinan motor akan tidak bisa dinyalakan.  Anda bisa membersihkan spuyer dengan menggunakan amplas halus lalu bersihkan kotoran yang menempel.

  1. Merakit Kembali Karburator

Kemudian yang terakhir adalah merakit dan memasang kembali ke motor dengan benar.  Lalu atur campuran bahan bakar dengan menyetel ketinggian pelampung mesin dengan menggunakan jangka sorong.  Rakit semua komponen lalu pasang kembali karburator pada kedudukan semula. Selesai.

Perlu anda ketahui bahwa jika anda ingin membersihkan karburator motor sendiri, maka akan dibutuhkan ketelitian yang cukup tinggi. Perhatikan dan ingat selalu posisi komponen karburator.  Jika anda kesusahan untuk membersihkan sendiri, anda bisa membawa motor anda ke bengkel guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dampak Jika Karburator Motor Kotor

cara membersihkan karburator

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas jika Mesin motor yang menggunakan karburator masih banyak beredar di pasar motor indonesia. Karburator sudah lama ada didunia motor sebelum kedatangan mesin Fuel Injection.  Untuk menjaga karburator agar tetap bekerja secara maksimal, kita harus selalu mengecek bagian pernafasan yang ada di karburator.

Karena menjaga tekanan udara di ruang bahan bakar adalah fungsi dari saluran pernapasan di karburator. Karburator kotor adalah salah satu gangguan yang biasa dialami oleh karburator.  Tentunya jika karburator motor kita kotor, akan berakibat buruk bagi motor kita.  Lalu apa saja sih dampak dari karburator motor yang kotor terhadap performa motor?

Motor Menjadi Tersendat-Sendat

Jika karburator motor terlalu kotor maka dampaknya adalah motor kita akan terasa tersendat-sendat dan mesin juga bisa tiba-tiba mati.  Sebelum dialirkan ke ruang bahan bakar, pencampuran udara dan bahan bakar akan terjadi didalam karburator.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya