Tips & Trik

Apa Itu Tune Up Motor? Ayo Cari Tahu

PUBLISHED DATE : 28 September 2020

Cara Tune Up Motor

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tune Up

Anda perlu mengetahui bahwa untuk melakukan tune up ini hendaknya tidak dilakukan secara sembarangan. Ada waktu yang tepat dan memang dianjurkan untuk melakukan tune up pada motor agar hasilnya maksimal.

Waktu yang tepat untuk melakukan tune up ini adalah sekitar 3 bulan sekali atau setiap motor Anda telah mencapai interval 2.000 km. Interval ini berlaku bagi Anda yang sering menggunakan pada jalur yang berdebu. Untuk penggunaan kecepatan lambat dan jarang pada area berdebu sekitar 3.000- 4.000 km.

Waktu untuk melakukan tune up tidak hanya bergantung pada jarak yang ditempuh. Anda juga dapat segera melakukan tune up motor apabila ada masalah pada mesin motor yang digunakan. Misalnya ketika tenaga mesinnya sudah dirasa berkurang atau mesin brebet.

Apabila konsumsi BBM dirasa boros bahkan keluar asap hitam dari knalpot sebaiknya Anda harus segera melakukan tune up. Selain itu, motor yang susah hidup ketika pagi juga menjadi ciri bahwa sudah waktunya Anda melakukan tune up. Ciri lainnya adalah susah oper gigi serta getaran pada mesin tinggi.

Baca Juga : Rider Penting Tahu, Ini Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Manfaat dari Tune Up pada Motor

Tune up pada motor tentunya memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh Anda sebagai penggunanya. Selain itu, motor yang Anda miliki juga akan merasakan manfaat setelah dilakukan tune up. Pada dasarnya, manfaat dari tune up pada motor ini untuk mengembalikan performa nya seperti semula.

Anda sebagai penggunanya tentu dapat merasakan perbedaan ketika menggunakan motor yang sudah lama tidak di tune up. Salah satunya adalah apabila tenaga dari mesin motor sudah dirasa kurang dan berat ketika digunakan. Oleh sebab itu, Anda harus segera mengembalikan performa nya yang semula.

Tune up ini juga bermanfaat untuk motor Anda agar kondisi mesin nya tetap terjaga dan awet. Perawatan komponen pada motor yang dilakukan secara rutin tentu dapat membuatnya bertahan lebih lama. Hal tersebut akan berbeda dengan motor yang tidak dirawat secara rutin.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya