Tips & Trik

Bukan Cuma Suara, Ini Perbedaan Knalpot Racing dan Standar

PUBLISHED DATE : 24 Februari 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/GSXS_(2).jpg

Sebagian orang memilih untuk mengganti knalpot motornya dengan knalpot racing, simak ini perbedaanya dengan knalpot standar.

Banyak pengendara motor yang suka memodifikasi motor mereka, apalagi pada bagian knalpotnya. Sebagian memilih untuk mengganti knalpot motornya menjadi knalpot racing. Knalpot ini dikenal dengan suaranya yang bising dan sering mengganggu orang lain di sekitar.

Selain suaranya yang dianggap berisik, ada juga beberapa perbedaan yang terdapat pada motor dengan knalpot versi standar dan racing. Berikut ini beberapa perbedaan mendasar dari kedua jenis knalpot tersebut.

Baca Juga : Awas, Ini 5 Tandanya Van Belt Motor Mau Putus

GSXS__1_

Struktur Knalpot

Perbedaan pertama dan mendasar antara knalpot versi standar dan racing terletak pada struktur dasar knalpotnya. Struktur dasar ini melibatkan ada atau tidaknya tabung yang menjadi penghubung antara mesin dengan bagian header knalpot.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Fungsi CDI Motor dan Cara Kerjanya

Lebih jelasnya, knalpot versi standar menggunakan tabung sebagai jalur untuk mengalirkan gas sisa pembakaran pada mesin atau disebut dengan partition.

Jumlah partition yang digunakan pada setiap knalpot kendaraan bergantung pada mesin. Komponen ini berfungsi untuk memecah suara agar tidak bising.

Sedangkan knalpot versi racing tidak menggunakan tabung atau partisi sebagaimana pada versi standarnya. Desain knalpot ini menggunakan header berbahan galvanis atau pipa biasa langsung hingga ke belakang tanpa tabung. Hal ini membuat suara knalpot model ini terdengar lebih nyaring.

Baca Juga : Trik Jitu Pasang USB Charger Ponsel di Sepeda Motor

Selain itu, meski tidak semua, tapi ada beberapa tipe knalpot jenis standar yang dilengkapi dengan komponen bernama glasswool. Komponen ini berupa serabut yang berfungsi untuk membuat suara knalpot lebih halus lagi.

Pada knalpot model racing, komponen glasswool ini dihilangkan. Hal ini jelas disebabkan karena tujuan penggunaan knalpot modifikasi tersebut adalah agar suaranya lebih nyaring ketika motor digas sehingga tidak memerlukan peredam suara apapun.

Ukuran Knalpot

Setiap komponen motor tentunya telah dibuat dengan standar tertentu, menyesuaikan kondisi kemampuan dan kebutuhan motor. Hal ini tidak hanya mengenai bentuk dan kelengkapan komponennya saja, tapi juga berkaitan dengan ukurannya. Begitu pula ukuran pada knalpot jenis standar dan racing.

Pada versi standar, knalpot telah dirancang dan dibuat dengan ukuran standar sesuai kebutuhan motor sehingga dapat berfungsi dengan baik dan nyaman. Ukuran ini dibuat dengan mempertimbangkan kenyamanan dan performa, termasuk meminimalisir gas sisa pembakaran dan suara yang dihasilkan

Akan tetapi, tidak demikian pada knalpot racing. Ukuran knalpot ini akan berpengaruh pada suara dan performanya. Diameter header hingga pipa galvanis atau pipa biasa yang digunakan diukur sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara yang enak namun tidak mengurangi performanya.

Bahan Bakar Motor

Kapasitas bahan bakar motor pada knalpot standar tentunya telah melalui perhitungan yang tepat.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya