Tips & Trik

Bukan Cuma Suara, Ini Perbedaan Knalpot Racing dan Standar

PUBLISHED DATE : 24 Februari 2021

GSXS (2)

Respon Penggunaan Knalpot

Dilihat dari segi penggunaan kendaraan apapun, respon terhadap motor yang memiliki knalpot versi standar dan racing jelas berbeda. Perbedaan respon ini akan dirasakan baik oleh pengguna kendaraan lain maupun pengguna motor dengan knalpot modifikasi tersebut.

Karena suaranya yang bising, biasanya orang lain akan merasa terganggu. Akan tetapi, ada pula hal positif yang didapat dari suara bising ini. Stigma tentang pengendara motor ini membuat pengendara lain akan menjadi waspada ketika mendengar suara knalpot Anda. Hal ini sangat membantu pada saat darurat.

Selain itu, pengguna motor dengan knalpot racing sendiri juga akan mendengar kebisingan yang dihasilkan knalpot tersebut. Hal ini membuat Anda harus berteriak lebih keras ketika ingin berbicara dengan penumpang atau pengendara lain.

Efek positif bagi penggunaan motor berknalpot racing adalah modifikasi tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Pengendara motor umumnya akan ini merasa bahwa kendaraannya stylish, keren, dan dapat menunjang penampilan sehingga menambah rasa percaya diri.

Resiko Pencemaran Udara

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa asap kendaraan merupakan salah satu penyebab polusi udara. Asap ini dihasilkan dari gas sisa pembakaran pada mesin kendaraan. Gas ini tidak dapat dihindari, tapi dapat dinetralisir dengan komponen pada knalpot.

Baca Juga : Mengenal Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor & Fungsinya

Pada versi standarnya, knalpot motor keluaran baru telah dilengkapi dengan penetralisir gas buang mesin atau disebut dengan katalitik konverter. Komponen ini membuat knalpot versi standar lebih ramah lingkungan dengan tidak menimbulkan banyak polusi udara.

Sedangkan pada versi modifikasi, knalpot tidak dilengkapi dengan komponen katalitik konverter. Hal ini membuat gas buang yang mengandung racun tidak tersaring dan ternetralisir. Dampaknya adalah pencemaran udara akibat gas beracun dari mesin motor.

Harga

Apabila dilihat dari segi harga, tentu harga knalpot original standar pabrik harganya berbeda dengan knalpot model racing. Knalpot original yang merupakan standar pabrik memiliki harga standar yang kisarannya hampir sama, jika kualitas yang sama.

Sedangkan pada knalpot racing, harga sangat menentukan kualitas knalpot. Knalpot yang aman digunakan untuk mesin motor biasanya memiliki harga yang sangat mahal. Sebaliknya, knalpot murah biasanya berkualitas rendah serta berdampak buruk pada komponen mesin kendaraan Anda.

Knalpot modifikasi versi racing ini memang menarik. Namun demikian, para pemilik kendaraan tetap disarankan untuk menggunakan knalpot versi standar, guna mematuhi aturan lalu lintas.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya