Tips & Trik

Bukan Cuma Suara, Ini Perbedaan Knalpot Racing dan Standar

PUBLISHED DATE : 24 Februari 2021

GSXS (2)

Bahan bakar berfungsi pada proses pembakaran ketika mesin motor dinyalakan sehingga motor dapat berjalan. Proses tersebut akan menghasilkan gas sisa pembakaran yang dikeluarkan melalui knalpot.

Sebagian besar orang akan mengira bahwa penggunaan knalpot versi racing akan membuat bahan bakar motor menjadi lebih boros daripada motor dengan knalpot versi standar.

Bentuk knalpot modifikasi yang kadang unik dan suaranya yang bising membuatnya tampak boros bensin. Namun, hal ini tidak benar. Knalpot modifikasi ini sebenarnya dapat membuat kendaraan Anda lebih hemat bahan bakar.

Modifikasi ini dibuat dengan mensetting ulang sistem pengapian. Apabila motor dengan knalpot jenis racing ini digunakan pada kecepatan wajar, bahan bakar yang digunakan dapat menjadi lebih irit.

Sayangnya, banyak pengguna knalpot modifikasi yang ketagihan bermain gas dengan ugal-ugalan atau dalam bahasa Jawa disebut bleyer.

Pemutaran gas secara tiba-tiba akan memicu naiknya pembakaran sehingga membutuhkan bahan bakar lebih. Hal inilah yang membuat motor Anda boros bahan bakar.

Baca Juga : Harus Tahu, Ini Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Performa Motor

Apabila dilihat sekilas, motor dengan suara bising terlihat tidak nyaman dikendarai. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Pemilihan desain dan pemasangan knalpot modifikasi yang tepat dan cocok dengan motor justru dapat membuatnya lebih nyaman.

Pemilihan knalpot modifikasi yang tepat berpengaruh pada performa sehingga motor dengan knalpot jenis racing memiliki performa yang lebih baik daripada motor dengan knalpot standar. Performa motor, utamanya pada bagian atas dirasa lebih baik karena tenaga yang otomatis terdongkrak.

Pada motor dengan knalpot model standar, sisa gas buang banyak disaring sehingga menimbulkan tekanan balik pada mesin dari dalam knalpot. Tekanan balik ini berpengaruh pada performa mesin motor yang menjadi kurang maksimal.

Ini berbeda dengan pengguna knalpot model racing. Motor dengan jenis knalpot ini tidak memiliki penyaring gas sisa pembakaran. Gas tersebut dibuang begitu saja sehingga tidak menimbulkan tekanan balik pada mesin. Hal ini membuat performa mesin motor dengan knalpot jenis ini dirasa lebih baik.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya