Ini Bahayanya Memakai Peninggi Shock Breaker Sepeda Motor

13 Juli 2018
Share to

Modifikasi merupakan salah satu cara yang paling banyak dipilih pemilik kendaraan bermotor yang tidak puas dengan penampilan standar tunggangannya. Contohnya saja untuk membuat sepeda motornya lebih tinggi, banyak pemilik motor yang menggunakan anting-anting pentinggi shock breaker belakang.

Amankah penggunaan anting-anting shock breaker?

Pada dasarnya, anting-anting shock breaker belakang hanya digunakan sebagai aksesoris motor kontes, bukan sepeda motor yang digunakan untuk berkendara harian. Makanya, kebanyakan produk anting-anting memiliki tampilan yang cantik, dan cenderung terbuat dari bahan yang rapuh.

Dengan kata lain, penggunaan anting-anting untuk motor yang digunakan harian cenderung tidak aman, bahkan berisiko menyebabkan kecelakaan karena anting-anting yang patah saat motor menghajar lubang atau ketika digunakan untuk mengangkut beban yang berat.

Selain itu, penambahan anting-anting pun sangat rentan membuat shock breaker bengkok, dan yang lebih parahnya lagi, bisa membuat shock breaker patah karena karet yang berada di swing arm tidak berfungsi mengikuti alur guncangan shock breaker.

Risiko ini akan semakin tinggi saat shock breaker yang Anda gunakan bukan produk standar atau kualitasnya sudah buruk, bahkan bica membuat kendaraan mudah oleng saat menikung.

Bagaimana solusinya?

Solusi paling praktis adalah, sebaiknya Anda memilih motor sport yang memang sudah dirancang khusus untuk memenuhi jiwa sporty Anda. Kalaupun ingin melakukan modifikasi agar buritan lebih tinggi, sebaiknya Anda mengganti shock breaker dengan yang lebih tinggi.

Tapi ingat, pastikan shock breaker pengganti yang dipilih kualitasnya lebih baik, atau setidaknya setara dengan shock breaker standar (bawaan pabrik).

Kalau terpaksa harus memilih anting-anting karena keterbatasan budget modifikasi, sebaiknya cari anting-anting pengganti (bukan anting-anting tambahan) yang harganya tidak terlalu jauh dengan anting-anting tambahan. Jangan lupa, pastikan Anda pun memilih anting-anting yang berkualitas tinggi.

Memang modifikasi ini memakan biaya yang lebih tinggi. Tapi dengan ini setidaknya Anda akan jauh lebih aman dan berkendara pun bisa jadi lebih menyenangkan.