Tips & Trik

Cara Mudah Tentukan Oktan Bensin yang Cocok untuk Motor Anda

PUBLISHED DATE : 02 September 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Cara-Mudah-Tentukan-Oktan-Bensin-yang-Cocok-untuk-Motor-Anda.jpg

Mungkin ada dari Anda pengendara sepeda motor yang sampai saat ini masih bingung menentukan oktan bensin yang tepat untuk tunggangan kuda besi kesayangan. Tidak perlu bingung lagi karena ternyata ada cara mudah untuk menentukan oktan bensin yang cocok untuk sepeda motor yang Anda miliki. 

Bagaimana caranya?

Satu cara paling mudah untuk mengetahui oktan bensin yang cocok untuk sepeda motor yang Anda miliki adalah dengan melihat data spesifikasi sepeda motor yang menunjukkan kompresi mesin. Untuk sepeda motor dengan rasio kompresi di atas 11:1 sampai hampir 13:1, disarankan untuk memakai bensin RON 98 seperti Pertamax Turbo.

Baca Juga : Tidak Sulit, Ini Cara Mengganti Minyak Rem Motor

Kemudian untuk sepeda motor yang rasio kompresinya di atas 10:1 sampai 11:1, idealnya menggunakan bensin RON 92 macam Pertamax. Lalu, sepeda motor yang rasio kompresinya di bawah 10:1 sampai 9:1, bisa diisi dengan bensin jenis Pertalite yang punya RON 90. Sedangkan jika rasio kompresi sepeda motor Anda adalah di bawah 9:1, tidak masalah jika menggunakan Premium (RON 88). 

Masih bingung? Tanyakan ke bengkel resmi Suzuki!

Jika penjelasan di atas masih membuat Anda belum mengerti oktan bensin apa yang cocok untuk sepeda motor Suzuki kesayangan Anda, tanyakan langsung kepada mekanik Suzuki di bengkel resmi Suzuki. Mereka akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaan tentang sepeda motor Suzuki.

Baca Juga : Apa itu ABS? Simak Penjelasan Lengkap Tentang ABS Sekarang

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya