Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab BBM Mobil Boros, Yuk Cari Tahu

PUBLISHED DATE : 11 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Ertiga_SS_2020.jpg

Semua mobil kini sudah dilengkapi dengan Air Conditioner. Kehadiran AC dalam kabin membuat penumpang nyaman, tapi perhatikan juga bagaimana cara menggunakannya.

Saat siang hari ketika cuaca panas, kebanyakan orang cenderung menghidupkan AC sampai paling dingin. Padahal cara ini salah karena semakin dingin AC, maka bahan bakar yang digunakan juga semakin banyak.

Pada saat suhu AC sangat dingin, maka kompresor yang memompa refrigerant akan membagi daya. Pengaruhnya adalah power mesin terkuras banyak dan kompresor AC bekerja dengan keras.

Saat berkendara Anda harus menginjak pedal sangat dalam, otomatis bensin yang digunakan untuk pembakaran terkuras lebih banyak. Jadi pengaturan suhu AC saat berkendara harus diperhatikan dan sewajarnya saja.

  • Menggunakan bahan bakar yang tidak tepat

    Sebuah kesalahan jika Anda menggunakan bensin atau bahan bakar yang tidak sesuai dengan anjuran pada mesin. Penyebab bensin boros bisa dikarenakan kualitas dari bahan bakar lebih rendah, yakni oktan lebih rendah dari 95.

    Mobil membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih kuat dan bensin tidak akan boros. Jika Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 bahkan 80, maka pengeluaran bahan bakar akan lebih besar.

    Anda mungkin memilih jenis bahan bakar tersebut karena murah harganya, tapi jika boros maka sama saja pengeluaran untuk membeli bahan bakar lebih besar. Selain itu dampak lain yang dirasakan adalah tarikan mobil jadi lebih berat.

  • Kebocoran pada knalpot

    Bagian knalpot seringkali luput dari perhatian, karena knalpot bocor bisa jadi sumber penyebab bensin boros. Gas buangan dari pembakaran bahan bakar dilakukan melalui knalpot.

    Ketika sistem bermasalah pada pembuangan gas seperti bocor, maka bensin yang digunakan akan lebih besar. Sebaiknya perhatikan ketika terjadi knalpot bocor pada mobil dan harus segera diatasi.
  • Cara Mengatasi Mobil yang Boros Bensinnya

    Sudah tahu apa saja penyebab bensin boros yang mulai kini bisa Anda antisipasi? Jika masalahnya adalah salah penggunaan bahan bakar, maka mulai sekarang gantilah menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi.

    Apabila masalahnya adalah filter yang kotor, maka rutinlah untuk servis mobil. Bensin yang boros juga bisa disebabkan karena mobil yang digunakan sudah tua. Jadi akan lebih baik jika Anda menggunakan jenis mobil yang dilengkapi dengan teknologi hemat bahan bakar.

    Perawatan mobil menjadi kunci utama agar bahan bakar yang digunakan tidak boros. Dengan mengetahui penyebab bensin boros, Anda jadi bisa mengubah kebiasaan buruk selama berkendara. Contohnya tidak menyalakan AC sampai terlalu dingin.

    Selain itu hal yang paling penting adalah melakukan tune up pada mesin. Cara ini akan membuat mesin yang tadinya boros akan kembali prima. Konsumsi bahan bakar pun jadi lebih irit dari sebelumnya.

    Mengunjungi Bengkel Ketika Masalah Bertambah Parah

    Apabila Anda sudah mulai rutin servis dan mengendarai mobil dengan benar tapi bensin tetap boros, lebih baik Anda segera mengunjungi bengkel resmi Suzuki. Mintalah untuk melakukan pengecekan keseluruhan.

    Datanglah ke bengkel resmi Suzuki yang memiliki tenaga ahli untuk mengatasi masalah dengan tepat. Supaya Anda tetap aman dan nyaman dalam berkendara. Jangan sampai terlambat mengatasi masalah, karena akan berpengaruh pada mesin.

    Halaman 1 2 Tampilkan Semua

    Berita Lainnya