Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab BBM Mobil Boros, Yuk Cari Tahu

PUBLISHED DATE : 11 Maret 2021

Ertiga SS 2020

Mobil yang boros bensin tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan. Mulai dari pengeluaran membengkak hingga lama kelamaan bisa merambat pada masalah sparepart. Jadi bukan hanya mempengaruhi masalah kantong.

Kupas tuntas mengenai penyebab bensin boros, berikut ini beberapa kebiasaan yang perlu diperhatikan.

  1. Terlambat mengganti oli

    Penyebab bensin boros yang satu ini sangat umum terjadi, di mana pengendara terus menunda untuk melakukan servis. Padahal ketika rutin servis, otomatis oli pada mobil akan diganti. Apalagi untuk mobil yang frekuensi penggunaannya setiap hari.

    Jarak rata-rata setiap mobil untuk ganti oli adalah sekitar 5.000 km. Apabila melewati jarak tersebut, maka akan bisa mengakibatkan penurunan kualitas pada oli. Dampaknya adalah berkurangnya kinerja mesin dan menyebabkan bensin menjadi boros.

  2. Terjadi masalah pada ban

    Apakah Anda sudah menggunakan ban yang tepat untuk mobil? Beberapa mobil yang dimodifikasi mungkin saja menggunakan ukuran ban yang lebih besar. Justru hal ini adalah sebuah masalah yang Anda ciptakan.

    Baca Juga : Ini Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang & Solusinya

    Efeknya adalah beban gesek pada ban dan bobotnya akan bertambah. Laju mobil otomatis akan terhambat dan sudah pasti akan boros bensin. Jadi pastikan bahwa ukuran ban yang digunakan sudah standar.

    Selain ukuran ban yang besar, masalah lain pada ban adalah tetap menggunakan ban kempes atau yang sudah gundul. Ban yang sudah botak juga meningkatkan gesekan dengan aspal.

    Daya putar dan beban mesin tidak seimbang sehingga mengakibatkan bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda masih menggunakan ban kempes, sehingga tenaga yang dibutuhkan untuk berjalan menjadi besar dan mengakibatkan bensin pun boros.

  3. Filter bensin yang kotor

    Penyebab bensin mobil boros yang selanjutnya adalah karena filter bensin kotor. Masalah ini juga sering terjadi karena telat melakukan servis seperti halnya dengan mengganti oli. Padahal filter bensin adalah bagian yang wajib dibersihkan tepat waktu.

    Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Busi Mobil1

Busi Mobil Lemah? Pahami Efeknya!

Busi mobil merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung kinerja mobil agar tetap prima. Seiring pemakaian, komponen ini dapat mengalami kerusakan atau mengalami penurunan ...

selengkapnya