Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab BBM Mobil Boros, Yuk Cari Tahu

PUBLISHED DATE : 11 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Ertiga_SS_2020.jpg

Sudahkah Anda merawat mobil dengan baik? Kesalahan terbesar bagi pemilik mobil saat ini adalah tidak memperhatikan kondisi mobil. Tugas pemilik mobil bukan hanya sekedar rutin membersihkan, tetapi juga mengetahui cara pemakaian yang benar.

Selain itu rutin untuk servis juga membuat Anda tahu bagian mobil mana saja yang perlu diganti akibat pemakaian. Masalah umum yang paling sering terjadi adalah borosnya bahan bakar. Lalu apa sebenarnya penyebab bensin boros?

Penyebabnya seringkali adalah perilaku atau penggunaan mobil yang salah, tapi tidak disadari oleh pengendara. Supaya Anda tidak bingung lagi dengan bahan bakar boros, berikut ini beberapa penyebabnya.

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Aman

51892714_s

7 Penyebab Bensin Mobil Boros yang Sering Tak Disadari

Mobil yang boros bensin tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan. Mulai dari pengeluaran membengkak hingga lama kelamaan bisa merambat pada masalah sparepart. Jadi bukan hanya mempengaruhi masalah kantong.

Baca Juga : Chasis Mobil: Pengertian, Komponen dan Jenis-Jenisnya

Kupas tuntas mengenai penyebab bensin boros, berikut ini beberapa kebiasaan yang perlu diperhatikan.

  1. Terlambat mengganti oli

    Penyebab bensin boros yang satu ini sangat umum terjadi, di mana pengendara terus menunda untuk melakukan servis. Padahal ketika rutin servis, otomatis oli pada mobil akan diganti. Apalagi untuk mobil yang frekuensi penggunaannya setiap hari.

    Jarak rata-rata setiap mobil untuk ganti oli adalah sekitar 5.000 km. Apabila melewati jarak tersebut, maka akan bisa mengakibatkan penurunan kualitas pada oli. Dampaknya adalah berkurangnya kinerja mesin dan menyebabkan bensin menjadi boros.

  2. Terjadi masalah pada ban

    Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Jenis Apar Mobil dan Cara Menggunakannya

    Apakah Anda sudah menggunakan ban yang tepat untuk mobil? Beberapa mobil yang dimodifikasi mungkin saja menggunakan ukuran ban yang lebih besar. Justru hal ini adalah sebuah masalah yang Anda ciptakan.

    Efeknya adalah beban gesek pada ban dan bobotnya akan bertambah. Laju mobil otomatis akan terhambat dan sudah pasti akan boros bensin. Jadi pastikan bahwa ukuran ban yang digunakan sudah standar.

    Selain ukuran ban yang besar, masalah lain pada ban adalah tetap menggunakan ban kempes atau yang sudah gundul. Ban yang sudah botak juga meningkatkan gesekan dengan aspal.

    Daya putar dan beban mesin tidak seimbang sehingga mengakibatkan bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda masih menggunakan ban kempes, sehingga tenaga yang dibutuhkan untuk berjalan menjadi besar dan mengakibatkan bensin pun boros.

  3. Filter bensin yang kotor

    Penyebab bensin mobil boros yang selanjutnya adalah karena filter bensin kotor. Masalah ini juga sering terjadi karena telat melakukan servis seperti halnya dengan mengganti oli. Padahal filter bensin adalah bagian yang wajib dibersihkan tepat waktu.

    Filter bensin harus rutin dibersihkan dan wajib diganti setiap 30 ribu hingga 40 ribu kilometer. Tujuan dari pembersihan dan penggantiannya adalah agar bensin yang digunakan ke ruang bakar selalu bersih.

    Ketika bensin yang dipasok kotor, maka akan membuat lebih boros karena kotoran yang masuk ke ruang bakar. Tentu saja jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan kerusakan pada ruang bakar mobil.

  4. Filter udara yang kotor

    Selain filter bensin, bagian yang juga perlu dibersihkan secara rutin adalah filter udara. Mesin pada mobil membutuhkan suplai udara bersih, sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal. Filter udara yang kotor akan mengurangi pasokan udara bersih ke dalam mesin.

    Bentuk dari filter udara ini seperti kertas dan memiliki pori yang berfungsi untuk menyaring kotoran. Sehingga kotoran seperti debu tidak akan masuk ke dalam mesin. Debu yang menyangkut pada bagian kain ini kian lama akan menumpuk.

    Dampak buruk yang terjadi jika filter udara dibiarkan kotor adalah berkurangnya udara masuk ke dalam mesin. Hasilnya adalah piston bekerja dengan berat, sehingga Anda harus menginjak pedal gas lebih dalam agar bertenaga dan membuat bensin boros.

  5. Penggunaan AC yang terlalu dingin

    Semua mobil kini sudah dilengkapi dengan Air Conditioner. Kehadiran AC dalam kabin membuat penumpang nyaman, tapi perhatikan juga bagaimana cara menggunakannya.

    Saat siang hari ketika cuaca panas, kebanyakan orang cenderung menghidupkan AC sampai paling dingin. Padahal cara ini salah karena semakin dingin AC, maka bahan bakar yang digunakan juga semakin banyak.

    Pada saat suhu AC sangat dingin, maka kompresor yang memompa refrigerant akan membagi daya. Pengaruhnya adalah power mesin terkuras banyak dan kompresor AC bekerja dengan keras.

    Saat berkendara Anda harus menginjak pedal sangat dalam, otomatis bensin yang digunakan untuk pembakaran terkuras lebih banyak. Jadi pengaturan suhu AC saat berkendara harus diperhatikan dan sewajarnya saja.

  6. Menggunakan bahan bakar yang tidak tepat

    Sebuah kesalahan jika Anda menggunakan bensin atau bahan bakar yang tidak sesuai dengan anjuran pada mesin. Penyebab bensin boros bisa dikarenakan kualitas dari bahan bakar lebih rendah, yakni oktan lebih rendah dari 95.

    Mobil membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih kuat dan bensin tidak akan boros. Jika Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 bahkan 80, maka pengeluaran bahan bakar akan lebih besar.

    Anda mungkin memilih jenis bahan bakar tersebut karena murah harganya, tapi jika boros maka sama saja pengeluaran untuk membeli bahan bakar lebih besar. Selain itu dampak lain yang dirasakan adalah tarikan mobil jadi lebih berat.

  7. Kebocoran pada knalpot

    Bagian knalpot seringkali luput dari perhatian, karena knalpot bocor bisa jadi sumber penyebab bensin boros. Gas buangan dari pembakaran bahan bakar dilakukan melalui knalpot.

    Ketika sistem bermasalah pada pembuangan gas seperti bocor, maka bensin yang digunakan akan lebih besar. Sebaiknya perhatikan ketika terjadi knalpot bocor pada mobil dan harus segera diatasi.

Cara Mengatasi Mobil yang Boros Bensinnya

Sudah tahu apa saja penyebab bensin boros yang mulai kini bisa Anda antisipasi? Jika masalahnya adalah salah penggunaan bahan bakar, maka mulai sekarang gantilah menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi.

Apabila masalahnya adalah filter yang kotor, maka rutinlah untuk servis mobil. Bensin yang boros juga bisa disebabkan karena mobil yang digunakan sudah tua. Jadi akan lebih baik jika Anda menggunakan jenis mobil yang dilengkapi dengan teknologi hemat bahan bakar.

Perawatan mobil menjadi kunci utama agar bahan bakar yang digunakan tidak boros. Dengan mengetahui penyebab bensin boros, Anda jadi bisa mengubah kebiasaan buruk selama berkendara. Contohnya tidak menyalakan AC sampai terlalu dingin.

Selain itu hal yang paling penting adalah melakukan tune up pada mesin. Cara ini akan membuat mesin yang tadinya boros akan kembali prima. Konsumsi bahan bakar pun jadi lebih irit dari sebelumnya.

Mengunjungi Bengkel Ketika Masalah Bertambah Parah

Apabila Anda sudah mulai rutin servis dan mengendarai mobil dengan benar tapi bensin tetap boros, lebih baik Anda segera mengunjungi bengkel resmi Suzuki. Mintalah untuk melakukan pengecekan keseluruhan.

Datanglah ke bengkel resmi Suzuki yang memiliki tenaga ahli untuk mengatasi masalah dengan tepat. Supaya Anda tetap aman dan nyaman dalam berkendara. Jangan sampai terlambat mengatasi masalah, karena akan berpengaruh pada mesin.

Berita Lainnya