Tips & Trik

Ternyata Ini Pengaruh Per CVT Lemah dan Cirinya

PUBLISHED DATE : 23 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/84879458_s.jpg

 

  • Harus Mengganti Mangkok Ganda

 

Ketika kampas ganda habis dan tidak diganti, yang tersisa hanya mangkok ganda. Saat mangkok ganda termakan, maka kerja per CVT akan menjadi lebih berat dan rawan patah.

Per CVT yang lemah tidak dapat membuat kinerja baik sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja komponen lain.

Tidak hanya membuat tarikan motor menjadi selip, per CVT yang lemah juga menyebabkan mangkok ganda harus diganti baru semuanya. Komponen mangkok ganda pada motor matic memiliki harga yang lumayan mahal.

______________________________________________________________________________________________

 

  • Ban Belakang Berputar Kencang dalam Kondisi Stasioner

 

Ciri-ciri per CVT melemah selanjutnya ditandai dengan ban belakang pada motor matic berputar kencang meskipun mesin dalam kondisi langsam atau stasioner. Kondisi ini terjadi karena posisi kampas ganda sudah dalam keadaan terbuka.

Umumnya, saat mesin dalam keadaan langsam atau stasioner, roda motor matic akan tetap berputar namun tidak terlalu kencang. Jika terus diabaikan, kerusakan ini akan menimbulkan kerugian hingga mengancam keselamatan pengguna motor matic.

 

  • Performa Motor Matic Menurun

 

Per CVT yang lemah juga akan menyebabkan tarikan pada motor matic menjadi lebih berat dan membuat tidak nyaman.

Jika per CVT lemah, maka tenaga yang diteruskan juga akan terhambat sehingga performa motor dan kemampuan akselerasinya menjadi berkurang.

Ciri-ciri Per CVT Lemah

Per CVT akan melemah seiring dengan pemakaian yang terus-menerus. Namun, banyak pengguna motor yang tidak sadar dengan keadaan tersebut dan mengabaikannya. Agar lebih jelas, simak ciri-ciri Per CVT lemah berikut ini.

 

  • Tarikan Motor Matic Kurang Bertenaga

 

Ciri per CVT mulai lemah yaitu tarikan motor matic tiba-tiba menjadi kurang respon dan kurang bertenaga.

Tarikan atau tenaga yang dikeluarkan oleh motor matic yang tidak responsif seperti biasanya perlu diwaspadai adanya indikasi per CVT nya melemah.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya