Tips & Trik

Ternyata Ini Pengaruh Per CVT Lemah dan Cirinya

PUBLISHED DATE : 23 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/84879458_s.jpg

Spesifikasi tingkat kekerasan pada per CVT dapat dibedakan melalui warnanya. Misalnya, untuk tingkat kekerasan 1000 rpm maka dapat menggunakan per CVT warna biru atau putih. 

Sementara itu, untuk 1.500 rpm memiliki warna kuning dan 2.000 rpm menggunakan warna merah.

Apa saja pengaruh per CVT lemah yang harus diperhatikan pemilik kendaraan, kenali di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Per CVT memiliki peran yang cukup penting terhadap akselerasi motor. Jika Anda mengganti per CVT lama dengan yang baru yang memiliki ukuran pas dan berkualitas, maka tarikan motor matic akan terasa lebih ringan.

Pengaruh Per CVT Lemah

164422044_s

Per CVT juga memiliki batas usia pemakaian. Saat mencapai batas pemakaian tersebut, per CVT akan melemah.

Jika per CVT dibiarkan lemah, akan berdampak negatif pada motor matic Anda. Lalu, apa pengaruh per CVT lemah pada motor matic? Berikut ulasannya.

 

  • Kampas Ganda Lebih Cepat Terbuka

 

Salah satu pengaruh negatif dari lemahnya per CVT yaitu kampas ganda pada motor matic akan terbuka sebelum waktunya. Per CVT yang sudah lemah menyebabkan kampas ganda terbuka secara terus menerus meskipun motor bekerja pada rpm rendah.

Terbukanya kampas sebelum waktunya menyebabkan kampas tersebut mudah terkikis sehingga mangkuk atau rumah kampas ganda menjadi cepat gosong.

Bahkan, saat melakukan starter ada kemungkinan motor matic akan melompat karena kampas ganda langsung menggigit rumahnya.

Tak hanya kampas ganda cepat terbuka, tapi masih ada empat akibat lain yang harus diwaspadai. Cek di halaman selanjutnya.

______________________________________________________________________________________________

 

  • Kampas Ganda Cepat Aus

 

Pengaruh per CVT lemah berikutnya adalah kampas ganda akan cepat mengalami keausan. Kampas ganda yang aus akan menyebabkan getaran pada area CVT sehingga menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Tidak hanya itu, kampas ganda yang sudah aus akan membuat tarikan motor lebih lemah dan terasa berat ketika membawa beban. Jika diabaikan, kondisi ini akan membuat tenaga mesin berkurang. Selain per CVT, Anda juga harus melakukan pengecekan terhadap kampas ganda kendaraan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya