Tips & Trik

Wajib Tahu, Kenali Tandanya Busi Mobil Perlu Diganti

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/busi_pada_kendaraan.jpg

Busi mobil merupakan komponen terpenting pada mesin mobil. Ibaratkan manusia organ terpenting pada tubuhnya adalah jantung, jika jantung rusak atau mati akan menyebabkan manusia itu mati. Begitu pula dengan busi, sebab bagian ini menjadi pemicu mesin mobil menyala.

Ciri-ciri Busi Pada Mobil Perlu Diganti

Sebagaimana komponen mesin lainnya yang juga akan aus, busi juga mempunyai usia pakai. Dengan demikian, Anda perlu mengetahui ciri busi mobil yang perlu diganti, berikut penjelasan lengkapnya.

  • Kondisi Terganggu Saat Mesin Idle

    Baca Juga : Berbagai Penyebab Kerusakan Injektor di Sepeda Motor

    ldle merupakan keadaan saat mesin bekerja tetapi mobil tidak bergerak. Ketika mobil dalam keadaan  idle, putaran mesin terasa tidak halus bahkan tidak wajar. Getaran-getaran yang tidak normal dalam keadaan diam tandanya terdapat masalah pada busi di mobil.

    Ketika tuas gas terasa berat ketika diinjak, hal itu juga menunjukkan bahwa busi pada mobil harus diganti. Segera lakukan penggantian pada busi agar kembali berfungsi secara normal.

  • Mengalami Kesulitan Starter Saat Menghidupkan Mobil

    Ketika Anda mengalami kesulitan dalam menyalakan mobil, kemungkinan terdapat masalah pada busi kendaraan tersebut. Busi merupakan komponen yang terdapat pada sistem starter mobil dan memiliki peran penting, yaitu memberikan percikan api sebagai pemicu mesin menyala.

    Baca Juga : Kenali Tanda & Penyebab Oli Mobil Berkurang

    Jika masalah busi disebabkan sudah usang atau rusak, alangkah baiknya menggantinya dengan yang baru. Jika hanya kotor, busi bisa cukup dibersihkan saja. Pemilik mobil bisa melakukan pengecekan apakah kerusakan pada busi tergolong parah atau tidak.

  • Kurang Cepat Saat Menyalakan Mesin

    Tanda busi perlu diganti lainnya yaitu kurang cepat ketika menyalakan mobil. Hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada busi. Sehingga,  menyebabkan kecepatan pada mobil tidak bekerja secara maksimal. Apabila hal ini terjadi perlu adanya perbaikan agar kembali merespon cepat
    busi_mobil
  • Warna Busi Menjadi Gelap

    Warna busi mobil yang awalnya bersih menjadi gelap disebabkan oleh proses pembakaran pada ruangan bahan bakar yang kurang sempurna yang menyisakan butiran-butiran halus seperti arang pada bagian elektroda dan ujung insulator. Hal ini juga menjadi penyebab asap mobil berwarna hitam dan kadang susah ketika ingin memanaskan mesin ketika dalam keadaan dingin.

  • Perhatikan Perubahan Warna Pada Busi

    Untuk anda yang ingin mengetahui kerusakan dari busi bisa dilakukan dengan cara melihat warna komponen ini. Apabila busi telah berubah warna menjadi kecoklatan, berarti hal ini dapat menandakan bahwa masa penggunaan busi hampir habis dan harus segera diganti.

    Baca Juga : Tidak Sama, Ini Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

    Sedangkan untuk warna busi kemerahan atau kekuningan menandakan bahwa mesin mobil Anda sering melakukan pemanasan secara berlebihan. Hal lain yang harus dilakukan adalah mengecek pada  bagian pendingin.

  • Suara Mesin Brebet Ketika Akselerasi

    Tanda selanjutnya yaitu suara mesin yang terdengar brebet ketika akselerasi terjadi. Hal ini timbul akibat busi kendaraan yang mulai rusak. Perubahan kecepatan mesin akan membuat RPM naik, sehingga mempercepat kerja mesin. Akibatnya adalah busi harus bekerja dengan lebih cepat pula.

Mengenal Jenis-jenis Busi Untuk Mobil

Setelah Anda mengetahui tanda-tanda dari busi yang harus diganti, segera bawa ke bengkel terdekat atau bisa melakukan penggantian sendiri. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan ketika mengganti busi kendaraan secara pribadi.

Ketika Anda ingin menggantinya dengan yang baru, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa jenis busi yang banyak dijual di pasaran. Pastikan Anda tidak salah pilih ketika membeli, berikut penjelasan mengenai jenis busi yang ada di pasaran.

  • Busi Mobil Standar

    Jenis busi standar ini merupakan yang biasa direkomendasikan oleh pabrik mobil tertentu. Keunggulan dari busi ini adalah memiliki umur pemakaian relatif lebih lama dan mampu menghasilkan stasioner mesin yang lebih stabil.

    Busi ini pada dasarnya digunakan sebagai kebutuhan mobil sehari-hari. Busi standar akan semakin bekerja secara optimal jika dipakai untuk putaran jenis mesin rendah dan menengah. Bagi Anda yang menggunakan mobil setiap hari, maka busi jenis ini adalah pilihan tepat
  • Busi Mobil Platinum

    Busi dengan jenis bahan platinum  bisa disebut juga semi racing. Kenapa begitu? Karena ujung elektroda busi memiliki desain lebih lancip jika dibandingkan dengan jenis standar. Busi jenis ini tidak jauh berbeda dengan pemakaian model standar.

    Perbedaan yang paling menonjol terletak pada tenaga sedikit lebih responsif untuk rpm ke bawah. Sedangkan untuk waktu pemakaiannya juga relatif lebih pendek jika dibandingkan busi standar. Jika Anda memakai mobil dengan menggunakan busi ini, maka bisa berumur sekitar 3 sampai 4 tahunan.

  • Busi Iridium
    Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya