Tips & Trik

Sudah Tahu? Ini Takaran Oli Shock Depan Motor

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2021

128137230 S

Ketika Anda menaiki sepeda motor dan melewati area jalan yang tidak merata, shockbreaker akan meredam semua jenis hentakan yang terjadi. Adanya komponen ini memiliki peranan besar dalam menciptakan kenyamanan saat berkendara. 

Tak heran jika komponen ini butuh perawatan, salah satunya adalah pemberian oli dengan rutin. Oli berfungsi untuk melumasi bagian dalam tabung shock dan terdapat masa pakai yaitu kurang lebih setiap 15 ribu kilometer. 

Dalam penggantian oli shock ini juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya ada 

takaran oli shock depan khusus yang harus diperhatikan. Sepeda motor Suzuki memiliki takaran yang berbeda dari setiap keluaran. 

Berikut ini berapa saja ukuran dari masing-masing sepeda motor Suzuki yang bisa diperhatikan. 

  1. Suzuki Shogun 125 New memiliki takaran oli 51 ml
  2. Suzuki Shogun 125 memiliki takaran oli 60 ml
  3. Suzuki Smash New memiliki takaran oli 69 ml
  4. Suzuki Smash memiliki takaran oli 51 ml
  5. Suzuki Satria R 120 memiliki takaran oli 51 ml
  6. Suzuki Satria F 150 memiliki takaran oli 103 ml
  7. Suzuki RGR 150 R memiliki takaran oli 175 ml
  8. Suzuki Fxr 150 R memiliki takaran oli 219 ml
  9. Suzuki Thunder 125 memiliki takaran oli 150 ml
  10. Suzuki Thunder 250 memiliki takaran oli 396 ml
  11. Suzuki TS 125 memiliki takaran oli 125 ml
  12. Suzuki Skydrive memiliki takaran oli 53 ml
  13. Suzuki Spin memiliki takaran oli 55 ml
  14. Suzuki Skywave memiliki takaran oli 53 ml
  15. Suzuki Arashi memiliki takaran oli 60 ml

Baca Juga : Ini Cara Kendalikan Matic Saat Lewati Turunan

Inilah takaran oli shock depan pada motor Suzuki yang perlu diperhatikan. Khususnya jika Anda berencana untuk mengisi oli sendiri bukan di bengkel. Jadi jangan sampai asal untuk mengisi oli shock depan agar kinerja shockbreaker akan lebih baik. 

Untung Rugi Jika Salah Takaran Oli Shock Depan 

Shockbreaker merupakan komponen yang bentuknya tabung dan di sinilah guncangan dari spring akan diredam sehingga tidak muncul efek rolling. Secara umum, pada saat ban motor melewati area jalan yang tidak rata maka guncangan akan diredam oleh shockbreaker. 

Redaman yang didapatkan ini akan disesuaikan dengan dimensi tabung, panjang dari pipa teleskopik dan juga volume oli. Oleh karena itulah  takaran oli shock depan  harus pas supaya motor tetap bisa stabil di jalanan jelek baik lurus atau menikung. 

Lalu apa saja dampak yang muncul jika ternyata ukuran oli shock depan yang diberikan tidak sesuai?

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya