Panduan Merawat Oli Shock Breaker Depan Sepeda Motor

02 Juli 2018
Share to

Selain sebagai penopang roda depan, shock breaker depan memegang peran penting untuk mendukung kenyamanan dan handling selama berkedara. Dalam kondisi rusak, shock breaker depan berisiko menyebabkan kecelakaan, dan membuat komponen lainnya seperti komstir mudah rusak.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan schock breaker depan ini mengalami kerusakan, salah satunya karena kualitas oli yang sudah tidak layak pakai sehingga menyebabkan daya redam shock breaker menurun, atau volume oli yang tidak seimbang antara bagian kanan dan kiri.

Bagaimana cara merawat oli shock breaker depan agar tetap maksimal?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memastikan volume oli shock breaker tetap berada di angka maksimal. Rata-rata, standar oli shock breaker depan harus berada di level 75 ml, atau paling tidak berada di level 70 ml. Jika kurang dari itu, segera ganti atau tambahkan!

Cara mengganti oli shock breaker sendiri cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan trik berikut ini.

  1. Agar lebih mudah saat melakukan pergantian, lepaskan ban dan spakbornya.
  2. Dengan menggunakan kunci L, kendorkan baut yang berada diujung bawah shock breaker, dan copot satu persatu komponen di dalamnya, termasuk per shock breaker motor Anda.
  3. Selanjutnya, lepaskan baut L yang tadi di kendorin, dan keluarkan semua oli di dalamnya hingga benar-benar bersih.
  4. Tarik bagian Ss shock breaker (biasanya berwarna mengkilap atau beraksen krom) hingga copot, dan bersihkan bagian As tersebut dengan kain halus. Ingat, bagian ini jangan sampai tergores karena bisa menyebabkan kebocoran oli.
  5. Periksa bagian seal shock breaker dan pastikan kualitasnya basih bagus. Jika terlihat karat atau sudah rusak, segera ganti dengan seal baru.
  6. Pasang kembali as dan bagian lainnya, kemudian isi oli lewat baut L yang tadi di copot.
  7. Terkahir, pasang kembali baut dan bagian lainnya, termasuk bagian gasket yang berfungsi untuk mencegah oli bocor.

Untuk perawatan harian, pastikan bagian shock breaker ini tetap bersih dengan cara di lap kering atau dicuci dengan air mengalir. Selain itu, pastikan beban sepeda motor tidak terlalu maksimal, dan sebisa mungkin hindari jalanan berlobang. Selamat mencoba!