Subframe dan Chassis: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Fungsi Masing-Masingnya
20 November 2025
Admin
Bagikan
Penjelasan kelima hal itu sebenarnya bertujuan agar Anda bisa mengetahui kira-kira komponen penting seperti apa sajakah yang melekat pada chassis.
Lanjut pada bahasan berikutnya, penting untuk mengetahui bahwa subframe dan chassis pada mobil memiliki berbagai jenis.
Berdasarkan hal tersebut, lantas apa sajakah jenis-jenis chassis pada mobil dalam hal rangkanya yang dapat Anda ketahui? Mari simak bahasannya di sini:
1. Backbone Chassis
Chassis jenis ini terletak di bagian tengah yang fungsinya adalah sebagai tulang rangka terhubung dari depan hingga belakang mobil. Disebut sebagai rangka tunggal, jenis ini cukup jarang digunakan karena harganya yang mahal.
2. Ladder Frame
Ladder frame adalah salah satu jenis chassis yang terbuat dari baja simetris berbentuk balok yang terletak pada bagian tertentu mobil.
Menyerupai bentuk sebuah tangga, chassis ini sangat sesuai untuk menjadi dasar kedudukan mesin, body, dan komponen lainnya pada mobil.
3. Monocoque Chassis
Baca Juga : Torque Converter: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya
Jenis chassis ini adalah kerangka dasar yang menyatu langsung dengan badan mobil. Bagian terluar pada chassis ini bermanfaat lindungi ruang kabin dari berbagai benturan.
4. Aluminium Space Frame
Dibuat sama seperti jenis monocoque, yang membedakan aluminium space frame ini hanyalah pada bahannya yang mana jenis ini gunakan aluminium sedangkan jenis satunya terbuat dari plat baja.
5. Tubular Space Frame
Disampaikan sebagai jenis chassis mobil kualitas terbaik mulai dari ketahanan secara beban hingga perlindungan dari kekakuan torsi, tubular space frame paling sering digunakan dalam dunia balap mobil.
Usai melakukan pembahasan seputar jenis chassis mobil, subframe pun juga memiliki jenis-jenisnya yang penting untuk diketahui seperti berikut:
6. Full Frame
Memiliki bentuk mirip seperti bingkai persegi panjang, full frame adalah subframe yang dapat beri perlindungan komprehensif pada badan kendaraan. Subframe ini punya kekakuan dan kekuatan yang tinggi.
7. Semi Bingkai
Beda dengan yang full frame, semi bingkai ini strukturnya lebih sederhana dan ringan ekonomis sehingga komponen ini tidak sekuat dan sekaku full frame.