Tips & Trik

Chasis Mobil: Pengertian, Komponen dan Jenis-Jenisnya

PUBLISHED DATE : 24 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/98998616_s.jpg

Chasis merupakan komponen yang penting pada sebuah kendaraan, khususnya mobil. Ibaratnya organ tubuh, chasis bisa disimpulkan sebagai kerangka tulang yang nantinya menopang body kendaraan.

Berikut uraian penjelasan singkat mengenai pengertian, komponen serta jenis-jenis dari chasis mobil.

Pengertian Chasis Mobil

Baca Juga : Trik Mudah Hilangkan Bau Bensin di Dalam Mobil

Chasis mobil, atau bisa juga disebut dengan sasis adalah komponen bagian dalam mobil yang keberadaannya sangat penting. Hal tersebut dikarenakan, sasis menjadi kerangka dasar atau pondasi tempat disatukannya komponen mesin dan setiap komponen mobil lainnya. 

Dengan demikian setiap komponen yang ada pada mobil bisa terhubung. Selain itu, sasis juga menjaga bentuk dari mobil agar tidak mengalami perubahan ketika digunakan.

Dengan memiliki beberapa aspek yang lengkap, seperti ketahanan, keamanan hingga kemampuan dalam menjaga kondisi dalam berkendara, material dari sasis sendiri telah didesain khusus.

Baca Juga : Apa Itu Blind Spot? dan Bagaimana Cara Menguranginya?

Sasis dibuat dari kerangka besi atau baja yang didesain sedemikian rupa agar dapat memenuhi segala aspek tersebut.

Komponen-Komponen dalam Chasis Mobil

Apa saja komponennya, cek di halaman berikutnya.

Baca Juga : Mobil Warna Putih Tetap Kinclong? Ini Tipsnya

_________________________________________________________________________________________________

Sebenarnya chasis mobil memiliki susunan yang terdiri dari powertrain dan suspense. Powertrain berfungsi untuk mengalirkan tenaga mesin mobil pada roda.

Sedangkan suspensi berfungsi sebagai penopang keamanan dan kestabilan dalam mobil. Adapun komponen utama dalam sasis adalah sebagai berikut.

  • Kopling

Komponen kopling ini memiliki fungsi sebagai penghubung serta pemutus putaran mesin ke transmisi. Dengan demikian proses pemindahan pada gigi akan lebih halus. Kopling terdiri dari dua logam yang berputar.

  • Transmisi

Transmisi disini berfungsi untuk memanipulasi putaran pada output mesin. Hal ini dapat dirasakan ketika Anda dalam kondisi dimana kendaraan memerlukan torsi besar serta kondisi yang memungkinkan mobil untuk memiliki kecepatan tinggi. Disaat mengatur perpindahan gigi, disitulah transisi digunakan.

  • Gardan

Komponen dari chasis mobil selanjutnya yaitu Gardan. Garden atau diferensial berfungsi untuk membedakan antara putaran roda kanan serta roda kiri pada mobil. Jika dalam putaran roda tidak dibedakan, maka akan terjadi selip pada roda yang menyebabkan keausan.

Masih banyak komponen lain dari chasis mobil, cek di halaman berikutnya.

__________________________________________________________________________________________________

  • Poros Propeller
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya