Tips & Trik

Chasis Mobil: Pengertian, Komponen dan Jenis-Jenisnya

PUBLISHED DATE : 24 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/98998616_s.jpg

Poros propeller atau shaft propeller yaitu penghubung antara putaran transmisi pada bagian depan mobil dan di bagian belakang ada axle. Biasanya poros propeller terdapat pada kendaraan dengan penggerak FR atau 4WD.

  • Rear Axle

Rear axle yaitu poros yang berbentuk batangan. Komponen ini dapat menghubungkan gardan dengan poros roda. Umumnya komponen ini terdapat dua macam, yaitu tipe rigid axle dan independent axle.

  • Pegas

Komponen lainnya yaitu pegas. Pegas berfungsi untuk meredam getaran ketika berjalan dengan memberikan rasa enteng namun lembut ketika roda melewati sebuah lubang atau gundukan polisi tidur.

  • Universal Joint

Komponen chasis mobil selanjutnya yaitu universal joint, atau penghubung antara momen puntir dari sudut dan arah dari manapun yang didesain secara fleksibel. Umumnya, komponen ini terletak di bagian belakang transmisi dan di depan garden.

  • Shock Absorber

Shock absorber atau biasa disebut dengan shock breaker memiliki fungsi untuk mencegah guncangan pada sistem suspensi dengan cara menahan guncangan melalui mekanisme fluida. Namun, shock absorber ini tidak memiliki daya tahan pada tekanan.

Kenali juga komponen stabilizer bar dan sistem steering di halaman berikutnya.

__________________________________________________________________________________________________

  • Stabilizer Bar

Komponen sasis yang satu ini berfungsi untuk menahan rolling ketika roda terguncang karena melewati lubang atau gundukan polisi tidur. Hal tersebut rolling yang awalnya terasa begitu besar dapat dikurangi oleh stabilizer bar. Komponen ini terdiri dari swing bar dan link stabilizer.

  • Sistem Steering

Sistem steering berfungsi sebagai pengendali arah roda depan, serta mengurangi gaya kemudi, sehingga terasa lebih ringan ketika memutar roda pada pengemudi. Biasanya komponen ini memiliki dua macam, yaitu tipe hidrolik dan tipe elektrik.

  • Sistem Pengereman

Komponen ini berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju mobil. Umumnya terdapat dua jenis rem, yaitu rem tromol dan rem cakram. Sistem pengereman ini menggunakan gaya gesek yang dapat diubah dari energi pada putaran roda menjadi energy panas. 

  • Roda dan Ban

Komponen chasis mobil yang terakhir yaitu roda. Roda berfungsi sebagai pengkonversi putaran pada power train untuk menjalankan mobil. Serta ban yang berfungsi sebagai penyerap getaran pada saat mobil berjalan agar tidak terjadi selip.

Jenis-Jenis Chasis Mobil Berdasarkan Rangka

153726549_s__1_

 

  • Ladder Frame

Ladder frame memiliki bentuk menyerupai tangga, serta menjadi penopang bodi mobil, transmisi, mesin, dan berbagai komponen lainnya. 

_________________________________________________________________________________________________

Sasis ini terbuat dari baja yang berbentuk balok dengan joint dan crossmember. Jadi, ketika terjadi kerusakan ladder frame dapat dengan mudah diperbaiki.

  • Monocoque Chassis

Sasis ini dibuat menyatu dengan bodi mobil yang berfungsi sebagai kerangka mobil untuk melindungi ruang mobil. Ketika mobil melewati jalan yang bergelombang, benturan yang dihasilkan akan diserap oleh body mobil.

  • Aluminium Space Frame

Chasis mobil ada yang terbuat dari monocoque namun menggunakan bahan aluminium, atau biasa disebut dengan aluminium space frame. Sasis ini memiliki beban yang lebih ringan jika dibandingkan sasis lain dengan presentasi 40 persen.

  • Tubular Space Frame

Sasis ini banyak digunakan pada mobil balap karena memiliki perlindungan kekakuan yang torsional serta ketahanan beban berat. Tubular terbuat dari baja yang dirangkai membentuk kerangka mobil. Agar kualitas lebih baik, biasanya sasis ini dibuat dengan material serta sambungan las yang mumpuni.

  • Backbone Chassis
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya