Chasis Mobil: Pengertian, Komponen dan Jenis-Jenisnya
PUBLISHED DATE : 24 Maret 2022
Sasis dibuat dari kerangka besi atau baja yang didesain sedemikian rupa agar dapat memenuhi segala aspek tersebut.
Komponen-Komponen dalam Chasis Mobil
Apa saja komponennya, cek di halaman berikutnya.
_________________________________________________________________________________________________
Sebenarnya chasis mobil memiliki susunan yang terdiri dari powertrain dan suspense. Powertrain berfungsi untuk mengalirkan tenaga mesin mobil pada roda.
Sedangkan suspensi berfungsi sebagai penopang keamanan dan kestabilan dalam mobil. Adapun komponen utama dalam sasis adalah sebagai berikut.
- Kopling
Komponen kopling ini memiliki fungsi sebagai penghubung serta pemutus putaran mesin ke transmisi. Dengan demikian proses pemindahan pada gigi akan lebih halus. Kopling terdiri dari dua logam yang berputar.
- Transmisi
Transmisi disini berfungsi untuk memanipulasi putaran pada output mesin. Hal ini dapat dirasakan ketika Anda dalam kondisi dimana kendaraan memerlukan torsi besar serta kondisi yang memungkinkan mobil untuk memiliki kecepatan tinggi. Disaat mengatur perpindahan gigi, disitulah transisi digunakan.
- Gardan
Baca Juga : Ini Cara Mengemudi Mobil Matic di Jalan Sempit
Komponen dari chasis mobil selanjutnya yaitu Gardan. Garden atau diferensial berfungsi untuk membedakan antara putaran roda kanan serta roda kiri pada mobil. Jika dalam putaran roda tidak dibedakan, maka akan terjadi selip pada roda yang menyebabkan keausan.
Masih banyak komponen lain dari chasis mobil, cek di halaman berikutnya.
__________________________________________________________________________________________________
- Poros Propeller
Poros propeller atau shaft propeller yaitu penghubung antara putaran transmisi pada bagian depan mobil dan di bagian belakang ada axle. Biasanya poros propeller terdapat pada kendaraan dengan penggerak FR atau 4WD.
- Rear Axle
Rear axle yaitu poros yang berbentuk batangan. Komponen ini dapat menghubungkan gardan dengan poros roda. Umumnya komponen ini terdapat dua macam, yaitu tipe rigid axle dan independent axle.
- Pegas
Komponen lainnya yaitu pegas. Pegas berfungsi untuk meredam getaran ketika berjalan dengan memberikan rasa enteng namun lembut ketika roda melewati sebuah lubang atau gundukan polisi tidur.
- Universal Joint
Komponen chasis mobil selanjutnya yaitu universal joint, atau penghubung antara momen puntir dari sudut dan arah dari manapun yang didesain secara fleksibel. Umumnya, komponen ini terletak di bagian belakang transmisi dan di depan garden.
- Shock Absorber