Tips & Trik

Subframe dan Chassis: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Fungsi Masing-Masingnya

20 November 2025

account iconAdmin

Cropped Image1763632443052

Bagikan

Meski sama-sama kerangka, subframe dan chassis mobil adalah dua komponen yang cukup berbeda secara keberadaannya. Dalam hal ini, keterkaitan paling utamanya adalah chassis berupa rangka yang menopang semua komponen penting pada mobil.

Untuk subframe, kerangkanya bersifat tambahan sehingga tidak semua komponen yang ditopangnya. Lebih tepatnya hanya bagian tertentu yang ditopang oleh kerangka ini yakni beberapa area pada mesin, salah satunya suspensi depan dan atau belakang.

Sebagai istilah yang cukup jarang didengar oleh orang-orang awam yang tidak terlalu paham berbagai hal seputar otomotif, chassis dan subframe adalah komponen yang penting sehingga patut untuk diketahui berbagai penjelasan terkait komponen ini.

Komponen Chassis Mobil

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya dapat dipahami bahwa chassis pada mobil adalah kerangka utama yang melekat dan menjadi pondasi untuk kendaraan roda empat tersebut sehingga ia menopang komponen-komponen penting lainnya pada kendaraan itu.

Untuk subframe, bisa diketahui bahwa ia adalah kerangka tambahan yang tidak melekat langsung pada mobil sehingga tidak semua komponen ditopangnya. Namun, ini bukan berarti komponen ini tidaklah penting.

Berbicara tentang chassis, beberapa komponen utama yang melekat pada benda ini adalah sebagai berikut:

1. Kopling dan Transmisi Mobil

Pada mobil, chassis akan menopang kopling dan transmisi yang mana kedua komponen ini adalah salah satu suku cadang krusial demi kendaraan tersebut bisa menyala dan dikendarai dengan baik.

Kedua komponen ini adalah yang mempengaruhi besar kecilnya torsi yang akan terjadi pada mobil saat dikendarai.

2. Gardan

Gardan adalah salah satu komponen yang tujuannya adalah untuk membedakan putaran roda kanan dan kiri pada mobil yang mana ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya keausan secara cepat pada kendaraan yang dikendarai.

3. Shock Absorber dan Stabilizer Bar

Baca Juga : Berapa Liter Sebaiknya BBM Cadangan di Tangki Mobil?

Kedua komponen ini adalah komponen yang punya manfaat untuk cegah guncangan yang terjadi pada mobil ketika dikendarai terutama saat melewati lubang atau polisi tidur.

Meski punya manfaat yang cukup sama, namun shock absorber tidak punya daya tahan terhadap tekanan, sedangkan stabilizer bar memilikinya.

4. Sistem Steering dan Pengereman

Dalam chassis mobil, terlekat sistem steering dan pengereman. Sistem steering berguna untuk mempermudah pengendalian arah roda depan dan sistem pengereman berguna untuk pengurangan laju mobil saat dikendarai.

Kedua komponen ini sangat bagus untuk membuat pengendalian roda mobil lebih ringan, dan tingkat kelajuannya bisa diatur dan seaman dan senyaman mungkin sesuai harapan pengemudi.

5. Pegas

Komponen lain yang melekat pada chassis adalah pegas. Komponen ini punya manfaat untuk membuat mobil yang dikendarai terasa enteng bahkan ketika melaju di jalanan yang berlubang dan bergundukan.

Jenis Subframe dan Chassis Mobil

Sebenarnya masih ada lagi komponen-komponen lain yang ada di chassis selain kelima hal tersebut, seperti roda dan ban, universal joint, dan lain sebagainya. 

Penjelasan kelima hal itu sebenarnya bertujuan agar Anda bisa mengetahui kira-kira komponen penting seperti apa sajakah yang melekat pada chassis

Lanjut pada bahasan berikutnya, penting untuk mengetahui bahwa subframe dan chassis pada mobil memiliki berbagai jenis.

Berdasarkan hal tersebut, lantas apa sajakah jenis-jenis chassis pada mobil dalam hal rangkanya yang dapat Anda ketahui? Mari simak bahasannya di sini:

1. Backbone Chassis 

Chassis jenis ini terletak di bagian tengah yang fungsinya adalah sebagai tulang rangka terhubung dari depan hingga belakang mobil. Disebut sebagai rangka tunggal, jenis ini cukup jarang digunakan karena harganya yang mahal.

2. Ladder Frame

Ladder frame adalah salah satu jenis chassis yang terbuat dari baja simetris berbentuk balok yang terletak pada bagian tertentu mobil. 

Menyerupai bentuk sebuah tangga, chassis ini sangat sesuai untuk menjadi dasar kedudukan mesin, body, dan komponen lainnya pada mobil.

3. Monocoque Chassis

Jenis chassis ini adalah kerangka dasar yang menyatu langsung dengan badan mobil. Bagian terluar pada chassis ini bermanfaat lindungi ruang kabin dari berbagai benturan.

4. Aluminium Space Frame

Dibuat sama seperti jenis monocoque, yang membedakan aluminium space frame ini hanyalah pada bahannya yang mana jenis ini gunakan aluminium sedangkan jenis satunya terbuat dari plat baja.

5. Tubular Space Frame

Disampaikan sebagai jenis chassis mobil kualitas terbaik mulai dari ketahanan secara beban hingga perlindungan dari kekakuan torsi, tubular space frame paling sering digunakan dalam dunia balap mobil.

Usai melakukan pembahasan seputar jenis chassis mobil, subframe pun juga memiliki jenis-jenisnya yang penting untuk diketahui seperti berikut:

6. Full Frame

Memiliki bentuk mirip seperti bingkai persegi panjang, full frame adalah subframe yang dapat beri perlindungan komprehensif pada badan kendaraan. Subframe ini punya kekakuan dan kekuatan yang tinggi.

7. Semi Bingkai

Beda dengan yang full frame, semi bingkai ini strukturnya lebih sederhana dan ringan ekonomis sehingga komponen ini tidak sekuat dan sekaku full frame.

Perbedaan Fungsi Subframe dan Chassis Mobil

Bila sudah membahas pengertian hingga jenis-jenis dari subframe dan chassis pada mobil, maka penting sekali untuk mengetahui apa perbedaan kedua komponen yang sering dikira mirip ini secara fungsinya.

Berdasarkan hal tersebut, mari simak seluruh bahasannya lewat penjelasan-penjelasan berikut ini:

1. Perlekatan Komponen

Baca Juga : Berapa Liter Sebaiknya BBM Cadangan di Tangki Mobil?

Dikarenakan chassis adalah pondasi yang mana melekat langsung pada mobil, maka semua komponen mesin akan melekat pada benda ini. 

Ini berbeda jauh dengan subframe yang tidak melekat langsung sehingga hanya beberapa komponen saja yang terlekat pada benda ini.

2. Desain Komponen

Subframe memiliki desain yang berongga sedangkan chassis punya desain yang lebih padat dan kokoh. Oleh karena itu, chassis lebih berguna untuk menampung beban puntir sedangkan subframe berguna untuk mengurangi kekakuan torsi.

3. Stabilitas Mobil

Meski chassis mobil punya kegunaan dalam menjaga stabilitas kendaraan, namun penting pula untuk pemasangan subframe demi bisa membuat stabilitas semakin meningkat. 

Ini dikarenakan subframe lebih ringan dan mudah digerakan ketika dipasang pada kendaraan roda empat itu.

Itulah berbagai pembahasan seputar subframe dan chassis mobil yang bisa Anda ketahui mulai dari pengertian, jenis, hingga perbedaan fungsinya. 

Jika ingin mendapatkan informasi otomotif lainnya apalagi berkaitan dengan Suzuki, bisa banget kunjungi situs resminya.

 

Sumber gambar:

i viewfinder - https://www.shutterstock.com/image-photo/electric-vehicle-chassis-equipped-battery-pack-2464543689

Pricelist Icon Price List Dealer Halo Suzuki Icon Test Drive/Ride
Chat