Tips & Trik

Segitiga Motor Bengkok : Penyebab dan Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 21 April 2021

Segitiga Motor Bengkok

Ciri lain yang bisa dilihat yaitu munculnya suara kasar yang timbul dari bagian motor, terutama bagian komstir. Suara kasar dan gemeretak seperti getaran ini akan lebih terdengar jika Anda melewati jalan bergelombang atau berlubang. Kondisi seperti ini pasti sangat tidak nyaman. 

Suara tersebut timbul akibat bagian-bagian komstir depan yang sudah longgar. Oleh karena itu, perlu dirapatkan lagi. Biaya untuk merapatkan bagian motor tersebut juga tidak terlalu mahal, yang penting kondisi motor bisa kembali seperti semula.

  • Rem Tiba-Tiba Blong

Rem blong juga bisa mengindikasikan adanya masalah pada komponen ini. Bagaimana bisa? Hal tersebut karena saat komponen ini rusak akan menimbulkan gap atau jarak saat sedang menggunakan rem depan. Adanya gap atau jarak tersebut membuat pengereman tidak lagi cakram.

Jika mengalami beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera melakukan perbaikan ke bengkel resmi terdekat atau tukang bubut.

Cara Mengatasi Kerusakan Pada Segitiga Motor 

Jika mengalami masalah ini, solusi terbaik yang bisa dilakukan yaitu melakukan press segitiga motor.

Bagian yang diperbaiki adalah spakbor depan di antara roda depan motor. Jika spakbor cenderung miring sebelah, kemungkinan besar segitiga pada motor Anda memang bengkok.

Baca Juga : Begini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Sudah Mulai Lemah

Sebenarnya saat diperbaiki, tukang bubut atau bengkel resmi juga akan mengecek bagian lain yang berhubungan dengan komponen ini. Misalnya pipa as shock depan, piringan cakram, as roda, dan stang stir kemudi. Bagian-bagian tersebut biasanya juga akan dilakukan press sekalian.

Karena kondisi bagian lain seperti as shock depan tidak center lagi, bisa saja ini menimbulkan kebocoran. 

Apabila as shock dan segitiga depan motor bengkok parah, sebaiknya Anda melakukan penggantian bagian-bagian tersebut. Penggantian baru akan lebih baik daripada nanti bagian tersebut rusak kembali.

Biaya press segitiga pada motor tergantung jenis motor dan bengkel. Untuk motor bebek dan skutik, tarif yang diberikan yaitu sekitar Rp 90.000. Sedangkan untuk jenis motor sport 150cc sebesar Rp 130.000 dan motor sport 250cc sebesar Rp 150.000. Untuk harga komstir sendiri yang original sekitar Rp 100.000 hingga Rp 250.000.

Informasi mengenai penyebab dan gejala kerusakan pada segitiga motor beserta cara mengatasinya tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan baru bagi Anda. Jika bagian penting motor tersebut bengkok, segera lakukan press segitiga motor agar kondisinya tidak semakin parah.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya