Tips & Trik

Segitiga Motor Bengkok : Penyebab dan Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 21 April 2021

Segitiga Motor Bengkok

Faktor lain yang bisa menyebabkan komponen ini bermasalah adalah usia kendaraan. Kendaraan yang sudah tua akan menimbulkan komponen-komponen motor aus atau mengalami kelonggaran. Hal tersebut terkait dengan riwayat pemakaian motor yang cukup panjang.

  • Perawatan Yang Kurang

Penyebab komponen satu ini terganggu yang terakhir yaitu kurangnya perawatan yang dilakukan pada motor.

Perawatan seluruh bagian motor wajib dilakukan secara rutin demi menjaga performa dan tenaga kendaraan tersebut. Bagian luar maupun bagian dalam motor sangat wajib untuk diservis secara berkala.

press_segitiga_motor

Gejala Yang Ditimbulkan Jika Segitiga Motor Bermasalah

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan segitiga motor rusak di atas, kini Anda perlu mengenali gejala-gejala yang bisa dilihat jika komponen tersebut pada motor bermasalah. Jika mengalami salah satunya, maka memang ada yang salah dengan salah satu bagian motor Anda tersebut.

Baca Juga : Bahaya Paksakan Pakai Minyak Rem Motor di Luar Spesifikasi

Gejala tersebut sebenarnya bisa dilihat dan dirasakan secara langsung. Oleh karena itu Anda wajib memahami berbagai kondisi pada motor jika terjadi hal yang mengganjal. Simak ulasannya berikut ini.

  • Setir Berat

Gejala awal yang dapat dirasakan yaitu setir motor terasa berat sebelah dan susah dibelokkan. Kondisi seperti ini membuat komponen ini tidak bekerja secara maksimal, sehingga Anda akan kesulitan saat mengarahkan atau mengendalikan posisi kendaraan. 

  • Stang Stir Bergetar

Kondisi stang stir yang bergetar juga bisa menunjukkan bahwa komponen tersebut sedang bermasalah. Getaran pada stang stir ini akan membuat tidak nyaman dan laju motor menjadi tidak lancar atau tersendat-sendat.

Bagian pelor bearing lama-kelamaan juga akan longgar karena getaran stang stir bisa membuat bagian lainnya menjadi tidak rapat lagi. Stang yang oblak tersebut membuat kerjanya tidak stabil sehingga posisinya tidak bisa lurus dan susah diarahkan. 

  • Muncul Suara Kasar
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya